SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK DENGAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS SMP NEGERI 21 SEMARANG)

NURYANI, NASTITI and Endah, Sukmawati Nur (2014) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK DENGAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS SMP NEGERI 21 SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

451Kb

Abstract

Pada seleksi penerimaan peserta didik di SMP Negeri 21 Semarang terdapat dua tahapan seleksi. Pada seleksi tahap pertama tahap pertama yang meliputi seleksi administratif dan akademik, dan seleksi tahap kedua yang meliputi tes praktek dan wawancara. Karena proses seleksi yang kompleks inilah diperlukan sistem terkomputerisasi yang dapat mempermudah proses pengolahan hasil seleksi dan pengambilan keputusan. Tugas akhir mengembangkan sistem terkomputerisasi berupa SPK dengan metode AHP pada seleksi penerimaan peserta didik tersebut. Dengan AHP proses keputusan yang kompleks dapat diuraikan menjadi keputusan-keputusan yang lebih kecil yang dapat ditangani dengan mudah. SPK penerimaan peserta didik dengan metode AHP menghasilkan rekomendasi hasil seleksi penerimaan peserta didik berdasarkan NPG (Nilai Prioritas Global) masingmasing calon siswa yang diolah berdasarkan penilaian kepentingan elemen-elemen yang mempengaruhi hasil seleksi pada tahap 1 maupun tahap 2. Data calon siswa yang digunakan pada pengujian hasil dari SPK penerimaan peserta didik adalah data tahun 2012. Berdasarkan pengujian data tersebut dapat diketahui bahwa SPK yang dikembangkan memiliki akurasi sebesar 83.85%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59646
Deposited By:Mrs. Khadijah .
Deposited On:19 Jan 2018 09:22
Last Modified:19 Jan 2018 09:22

Repository Staff Only: item control page