ANTARMUKA PENGIRIMAN PESAN RAHASIA PADA MEDIA GAMBAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEAST SIGNIFICANT BIT (LSB) DALAM PERANGKAT BERBASIS ANDROID

KARYADI, GAGAT BANGUN and Wibawa, Helmie Arif (2014) ANTARMUKA PENGIRIMAN PESAN RAHASIA PADA MEDIA GAMBAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEAST SIGNIFICANT BIT (LSB) DALAM PERANGKAT BERBASIS ANDROID. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

527Kb

Abstract

Instant messenger merupakan salah satu aplikasi dalam perangkat android yang dapat digunakan untuk melakukan pertukaran data. Instant Messenger menggunakan jaringan internet untuk melakukan proses pertukaran data. Hal tersebut membuat instant messenger rentan akan penyadapan. Dibutuhkan suatu metode penyelesaian untuk masalah tersebut. Pada Tugas Akhir ini dibahas tentang pembuatan antarmuka yang dapat melakukan penyembunyian pesan pada media gambar dan menghubungkannya ke instant messenger untuk dikirim pada penerima. Metode yang digunakan Least Significant Bit (LSB) yaitu metode steganografi dengan cara menyisipkan pesan dengan merubah bit terakhir dari gambar. Metode ini digunakan karena tidak membutuhkan perhitungan dan komputasi yang besar untuk melakukan proses penyisipan sehingga cocok untuk digunakan pada smartphone berbasis Android yang memiliki memori dan prosesor yang rendah. Hasil dari proses penyisipan menunjukan nilai Peak Signal to Noise Ratio (PSNR) berkisar antara 43dB sampai dengan 48db yang berarti gambar hasil penyisipan tidak jauh berbeda dengan gambar asli sebelum mengalami proses penyisipan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59637
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:19 Jan 2018 09:09
Last Modified:19 Jan 2018 09:09

Repository Staff Only: item control page