PERANGKAT LUNAK PENGENDALI POINTER BERBASIS EYE TRACKING DENGAN MENGGUNAKAN TITIK SUDUT BAGIAN DALAM MATA SEBAGAI TITIK REFERENSI

Kusuma, Indi Angga Wiguna and Suhartono, Suhartono (2014) PERANGKAT LUNAK PENGENDALI POINTER BERBASIS EYE TRACKING DENGAN MENGGUNAKAN TITIK SUDUT BAGIAN DALAM MATA SEBAGAI TITIK REFERENSI. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

617Kb

Abstract

Eye tracking ialah salah satu teknologi terkini yang dapat diimplentasikan di berbagai area, salah satunya ialah human computer interaction untuk orang yang memiliki cacat tubuh motorik. Pemanfaatan teknologi eye tracking umumnya menggunakan perangkat yang mahal dan tidak nyaman digunakan menjadi kendala dalam pemanfaatan teknologi ini. Pada penelitian ini dibangun suatu perangkat lunak pengendali pointer berbasis eye tracking dengan titik sudut dalam mata menggantikan pantulan sinar inframerah sebagai titik referensi. Pembangunan perangkat lunak dibagi kedalam tiga modul yaitu: pendeteksian koordinat mata, kalibrasi, dan proses penggerakan pointer. Proses pendeteksian koordinat mata dilakukan dengan beberapa tahap. Tahapan pertama ialah mendeteksi wajah menggunakan metode Haar Cascade Clasifier. Tahap selanjutnya ialah mendeteksi koordinat titik tengah pupil menggunakan metode Mean of Gradient dan mendeteksi koordinat sudut mata bagian dalam menggunakan Subpixel. Tahap terakhir dalam proses pendeteksian koordinat mata ialah normalisasi koordinat titik tengah pupil dengan titik koordinat dari sudut mata bagian dalam. Proses kalibrasi digunakan untuk menentukan titik acuan yang akan digunakan dalam perhitungan estimasi pandangan yang akan digunakan pada tahap pengendalian pointer. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, perangkat lunak masih memiliki kekurangan dalam ketepatan penunjukan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59632
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Jan 2018 09:06
Last Modified:19 Jan 2018 09:06

Repository Staff Only: item control page