SISTEM PEMILIHAN PRIORITAS DISTRIBUSI PULSAELEKTRIK DENGAN METODEANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS BAGUSTRONIK)

Herdianto, Mohammad Ludfi and Wibawa, Helmie Arif (2014) SISTEM PEMILIHAN PRIORITAS DISTRIBUSI PULSAELEKTRIK DENGAN METODEANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS BAGUSTRONIK). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

323Kb

Abstract

Penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia banyak menggunakan sistem pembayaran prabayar yang biasanya berbentuk pulsa elektrik.BAGUSTRONIK sebagai penyedia layanan pembayaran pulsa elektrik mengalami kesulitan dalam pendistribusian pulsa elektrik karena penyedia layanan telekomunikasi menggunakan kebijakan Clustering, yaitu pengisian pulsa hanya bisa dilakukan di area cluster BAGUSTRONIK saja. Untuk mengatasinya BAGUSTRONIK menggunakan metode Host to Host, yaitutransaksi diluar area cluster diberikan pada distributor/vendor lain. Distibutor lain memiliki kecepatan, produk, dan harga yang tidak menentu sehingga BAGUSTRONIK kesulitan dalam memilih prioritas distribusi transaksinya.Tugas akhir ini membangun sebuah Sistem Pendukung Keputusan untuk membantu memilih prioritas distribusi pulsa elektrik terbaik di BAGUSTRONIK. Sistem dibangun dengan metodeAnalytical Hierarchy Process (AHP)berbasisdesktop dengan bahasa pemrograman Visual Basic. Kriteria yang digunakan dalam memilih prioritas distribusi pulsa meliputi kecepatan, keuntungan, stok, dan kelancaran yang dimiliki vendor/modul dalam setiap produk yang sama. Sistem akan menghasilkan ranking prioritas distribusi untuk digunakan dalam distribusi transaksi pulsa.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
ID Code:59625
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Jan 2018 09:01
Last Modified:19 Jan 2018 09:01

Repository Staff Only: item control page