APLIKASI DATA MINING MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER STUDI KASUS KLASIFIKASI BEASISWA DI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Rahman, Faisal and Bahtiar, Nurdin (2015) APLIKASI DATA MINING MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER STUDI KASUS KLASIFIKASI BEASISWA DI UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

524Kb

Abstract

Universitas Diponegoro merupakan salah satu universitas di Indonesia yang menyediakan banyak beasiswa dari berbagai sumber. Beasiswa yang ditawarkan di Universitas Diponegoro bermacam-macam sehingga kriteria penerimaan dari setiap beasiswa berbedabeda. Oleh karena itu, dibutuhkan aplikasi data mining klasifikasi beasiswa di Universitas Diponegoro yang dapat memberikan prediksi beasiswa yang cocok untuk mahasiswa Universitas Diponegoro. Aplikasi ini menggunakan metode naive bayes classifier dan dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Proses menghasilkan prediksi pada aplikasi ini yaitu dengan membandingkan atribut semester, IPK, pekerjaan ayah, pekerjaan ibu, penghasilan orangtua, dan jumlah tanggungan orangtua dari pengguna aplikasi dengan atribut yang sama dari pendaftar beasiswa yang ada pada basis data. Data yang digunakan pada aplikasi ini diambil dari Bagian Administrasi Kemahasiswaan Kesejahteraan Mahasiswa Universitas Diponegoro sebanyak 696 data yang dibagi ke dalam dua bagian yaitu 557 data latih dan 139 data uji. Aplikasi ini memiliki tingkat kesesuaian dengan data sebenarnya sebesar 89.93%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59622
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:19 Jan 2018 08:51
Last Modified:19 Jan 2018 08:51

Repository Staff Only: item control page