PENERAPAN METODE FUZZY C-MEANS DAN MODEL FUZZY MAMDANI UNTUK PERENCANAAN PENAMBAHAN STOK BARANG (Studi Kasus Alfamart Jalan Industri Semarang)

UNSPECIFIED (2015) PENERAPAN METODE FUZZY C-MEANS DAN MODEL FUZZY MAMDANI UNTUK PERENCANAAN PENAMBAHAN STOK BARANG (Studi Kasus Alfamart Jalan Industri Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

750Kb

Abstract

Gudang barang suatu perusahaan merupakan tempat penyimpanan barang yang akan dijual kepada pelanggan. Permasalahan utama pada gudang barang suatu perusahaan adalah terjadinya penumpukan barang atau barang keluar lebih banyak daripada barang masuk yang dapat mengakibatkan kerugian bagi perusahaan. Penambahan stok barang pada gudang dilakukan berdasarkan permintaan pelanggan dan stok barang saat itu. Banyak permintaan pelanggan setiap waktu selalu berubah yang dapat menyebabkan terjadinya penumpukan barang atau kekurangan barang. Hal ini menyebabkan sulit dalam pengambilan keputusan jumlah barang yang akan dikirim. Salah satu cara untuk membantu pengambilan keputusan tersebut yaitu dengan pembangunan aplikasi perencanaan penambahan stok barang yang menggunakan konsep logika fuzzy. Logika Fuzzy merupakan suatu cara untuk menyelesaikan masalah ketidakpastian. Pada aplikasi perencanaan penambahan stok barang, proses penentuan penambahan stok barang dilakukan dengan menggunakan metode fuzzy C-Means dan model fuzzy Mamdani. Hasil akhir dari aplikasi ini berupa jumlah barang yang akan dikirim. Hasil tersebut menjadi saran yang dapat dipertimbangkan oleh admin bagian pengiriman barang. Berdasarkan hasil uji validitas sistem menggunakan Mean Absolute Percentage Error(MAPE) diperoleh akurasi sekitar 74%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59618
Deposited By:Mrs. Khadijah .
Deposited On:19 Jan 2018 08:44
Last Modified:19 Jan 2018 08:44

Repository Staff Only: item control page