PERANCANGAN SISTEM KOMUNIKASI INTERAKTIF PADA LOCAL AREA NETWORK (LAN) STUDI KASUS DI LABORATORIUM KOMPUTER JURUSAN ILMU KOMPUTER/INFORMATIKA UNIVERSITAS DIPONEGORO

RENARDI, MIKHAEL BAGUS and Waspada, Indra (2014) PERANCANGAN SISTEM KOMUNIKASI INTERAKTIF PADA LOCAL AREA NETWORK (LAN) STUDI KASUS DI LABORATORIUM KOMPUTER JURUSAN ILMU KOMPUTER/INFORMATIKA UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

273Kb

Abstract

Diskusi, evaluasi, dan bertukar data adalah hal-hal yang biasanya dilakukan di dalam laboratorium komputer ketika kegiatan praktikum. Kegiatan diskusi dan evaluasi di Laboratorium Komputer di Jurusan Ilmu Komputer/Informatika Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro masih dilakukan secara konvensional sehingga kurang menarik. Masalah lain adalah sulitnya koordinasi dengan laboratorium komputer lainnya dikarenakan letaknya berada di tempat berbeda. Pertukaran data saat ini dilakukan dengan cara konvensional atau melalui internet. Local Area Network (LAN) yang ada sudah menghubungkan semua Laboratorium Komputer di Jurusan tersebut. Pembuatan Sistem Komunikasi interaktif berbasis protokol internet pada LAN bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan jaringan LAN yang ada dan memberikan fasilitas komunikasi yang interaktif, evaluasi dan tukar data yang efisien. Model proses pembangunan perangkat lunak yang digunakan adalah Recursive/Parallel Model untuk Object-Oriented Software Development. Unified Modelling Language digunakan untuk memodelkan hasil analisis dan desain dari sistem yang dibuat. Tugas Akhir ini menghasilkan perangkat lunak berbasis client-server dengan sistem manajemen basis data yang digunakan adalah SQL Server 2008. Fasilitas utama dari perangkat lunak yang dibangun adalah instant messaging, evaluation, dan file sharing. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan menggunakan kasus uji, dapat disimpulkan bahwa perangkat lunak yang dibuat sudah dapat memenuhi kebutuhan komunikasi, evaluasi dan bertukar data di Laboratorium Komputer Jurusan Ilmu Komputer/Informatika Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59598
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Jan 2018 15:33
Last Modified:18 Jan 2018 15:33

Repository Staff Only: item control page