IMPLEMENTASI ALGORITMA ENKRIPSI RC6 PADA KARTU MIFARE CLASSIC BERBASIS TEKNOLOGI NEAR FIELD COMMUNICATION DALAM SISTEM OPERASI ANDROID

Putra, Edwin Ferdian Syahrul and SUGIHARTO, ARIS (2015) IMPLEMENTASI ALGORITMA ENKRIPSI RC6 PADA KARTU MIFARE CLASSIC BERBASIS TEKNOLOGI NEAR FIELD COMMUNICATION DALAM SISTEM OPERASI ANDROID. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

559Kb

Abstract

Near Field Communication (NFC) merupakan jenis teknologi baru pengembangan dari RFID. Aplikasi NFC pada zaman sekarang telah cukup merata di berbagai lini kehidupan, contohnya dalam pembayaran tiket commuterline, pembayaran tiket tol, dan sebagainya. NFC sendiri menggunakan chip khusus yang dibenamkan ke dalam media kartu, salah satunya MIFARE Classic. MIFARE Classic merupakan jenis chip tertua dan yang paling banyak digunakan. Seiring dengan perkembangannya, MIFARE Classic tidaklah seaman seperti ketika pertamakali dikembangkan. Data yang terisi di dalamnya, dapat dengan mudah dicuri, sehingga pada akhirnya terkompromikan keamanannya. Dengan menambahkan satu layer enkripsi, dapatlah ditingkatkan level keamanan pada kartu MIFARE Classic. Penggunaan algoritma RC6 sebagai enkripsi dan dekripsi, didasarkan pada tingkat keamanan RC6 yang pernah menjadi kandidat kriptografi AES. Pembuatan aplikasi enkripsi dan dekripsi sendiri dilakukan dalam platform Android dengan bahasa pemrograman Java. Pemilihan Android sebagai platform pengembangan adalah karena dalam Android, implementasi NFC sangatlah lengkap. Dengan algoritma RC6 sebagai enkripsi dan dekripsi, kunci yang digunakan bersifat simetris. Sehingga dihasilkan enkripsi yang sangat mencukupi untuk teks yang akan dimasukkan ke dalam chip MIFARE Classic tersebut.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59588
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Jan 2018 14:54
Last Modified:18 Jan 2018 14:54

Repository Staff Only: item control page