SIMULASI PEMILIHAN LOKASI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR SAMPAH BERBASIS WEB DENGAN METODE TECHNIQUE FOR OTHERS PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS)

SAPUTRA, LUQMAN HAKIM and Kushartantya, Kushartantya (2014) SIMULASI PEMILIHAN LOKASI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR SAMPAH BERBASIS WEB DENGAN METODE TECHNIQUE FOR OTHERS PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

297Kb

Abstract

Meningkatnya jumlah penduduk, kemampuan ekonomi masyarakat, dan tingkat produktivitas masyarakat mengakibatkan semakin tingginya tingkat produksi sampah yang dihasilkan, maka keberadaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah semakin dibutuhkan. Dalam menentukan lokasi TPA sampah yang baru perlu diadakan kajian lebih lanjut dan mendalam berdasarkan kriteria yang telah diatur dalam Undang – Undang guna mengurangi risiko yang mungkin terjadi dikemudian hari. Maka perlu dibuat simulasi untuk memilih calon lokasi terbaik sebagai TPA sampah yang baru menggunakan ASP.NET dengan engine C#, dan SQL Server sebagai databasenya. Proses penelitian ini dimulai dengan mengumpulkan kebutuhan sistem, perancangan sistem, proses pembuatan sistem, serta proses pengujian. Perancangan sistem dimulai dari perancangan Data Flow Diagram (DFD), Entitas Relationship Diagram (ERD), dan perancangan tabel-tabel. Proses Perangkingan alternatif lokasi TPA sampah menggunakan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Hasil akhir sistem berupa tabel data preferensi alternatif yang telah diranking. Diharapkan alternatif dengan nilai preferensi tertinggi mampu menjadi saran yang dapat dipertimbangkan oleh pihak yang berwenang untuk memutuskan TPA sampah yang baru. Simulasi ini telah memenuhi kebutuhan sistem dan mampu memberikan hasil preferensi alternatif dengan nilai yang sama dengan perhitungan preferensi secara manual.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59540
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:17 Jan 2018 15:23
Last Modified:17 Jan 2018 15:23

Repository Staff Only: item control page