PEMBANGUNAN APLIKASI GAME BASED LEARNING UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN MATA KULIAH KEAMANAN JARINGAN DI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Ardhiatma, Andrea and Waspada, Indra (2014) PEMBANGUNAN APLIKASI GAME BASED LEARNING UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN MATA KULIAH KEAMANAN JARINGAN DI UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

341Kb

Abstract

Game Based Learning (Pembelajaran berbasis permainan), yaitu sebuah permainan komputer yang menerapkan platform e-learning yang dapat menstimulasi pelajar untuk meningkatkan motivasi belajarnya dengan cara memainkan permainan. Mata kuliah keamanan jaringan memiliki banyak materi-materi yang menjelaskan mengenai tools atau aplikasi yang digunakan pada keamanan jaringan. Sehingga dalam memahami materimateri tersebut diperlukan praktek yang lebih. Studi ini merujuk pada pembelajaran mata kuliah keamanan jaringan di Jurusan Ilmu Komputer/ Informatika, Universitas Diponegoro Semarang. Perancangan dan pengembangan Aplikasi AJARKEJAR (Aplikasi Pembelajaran Keamanan Jaringan) menerapkan 4 materi keamanan jaringan yang diimplementasikan ke dalam skenario permainan, materi tersebut antara lain Network Mappers, Port Scanners, Protocol Analyzer, dan Password Crackers. Pada aplikasi ini juga terdapat halaman yang berisi materi keamanan jaringan, serta tutorial untuk membantu pengguna dalam memainkan permainan. Aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah mahasiswa dalam memahami materi, dan memudahkan pengajar dalam menyampaikan materi. Aplikasi AJARKEJAR dikembangkan berbasis web dengan metode Inkremental yang diimplementasikan menggunakan bahasa PHP (Hypertext Preprocessor) dan sistem manajemen basis data MySQL.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59534
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Jan 2018 15:04
Last Modified:17 Jan 2018 15:04

Repository Staff Only: item control page