SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY UNTUK PEMILIHAN BIBIT BUDI DAYA IKAN AIR TAWAR TERHADAP INDIKATOR LINGKUNGAN

Alfam Nasruddin , Alfam Nasruddin and Sarwoko, Eko Adi (2014) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY UNTUK PEMILIHAN BIBIT BUDI DAYA IKAN AIR TAWAR TERHADAP INDIKATOR LINGKUNGAN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

401Kb

Abstract

Budi daya ikan merupakan kegiatan memelihara ikan yang dilakukan pada suatu tempat secara berkala yang bertujuan mengambil manfaat yaitu mengkonsumsi ikan dan menjual ikan. Budi daya ikan air tawar di lingkungan rumah dapat menjadi alternatif yang mudah. Adapun ikan air tawar yang dapat dibudi-dayakan seperti ikan tawes, ikan bandeng, ikan gurami, ikan nila, ikan patin, ikan mas, ikan lele, ikan nilem, ikan patin dan ikan sidat. Banyak orang awam ingin membudi-dayakan ikan air tawar tetapi bingung dalam pemilihan jenis ikan yang cocok pada lingkungan yang tersedia agar ikan yang dipelihara dapat menghasilkan produk ikan yang baik. Oleh karena itu, perlu adanya suatu Sistem Pendukung Keputusan untuk membantu orang awam dalam menentukan budi daya ikan air tawar yang tepat. Tugas Akhir ini menggunakan metode logika Fuzzy untuk menentukan tingkat kecocokan ikan dengan indikator lingkungan. Tingkat keauratan diukur dengan nilai keanggotaan fuzzy [0,1]. Hasil keputusan menunjukkan urutan kesesuaian ikan yang cocok terhadap indikator lingkungan dari nilai kecocokan yang paling besar. Sistem ini dapat membantu dalam pengambilan keputusan budi daya ikan air tawar.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59529
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:17 Jan 2018 14:50
Last Modified:17 Jan 2018 14:50

Repository Staff Only: item control page