SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS BERBASIS WEB DI BALAI IPTEKNET BPPT

Putro, Wiko Prameso and Sarwoko, Eko Adi (2014) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS BERBASIS WEB DI BALAI IPTEKNET BPPT. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

360Kb

Abstract

Karyawan merupakan aset penting suatu perusahaan. Kinerja karyawan yang baik dapat membuat perusahaan menjadi lebih maju. BPPT merupakan badan nasional yang bergerak di dalam bidang pengembangan teknologi yang memiliki beberapa bagian di bawahnya, salah satunya Balai IPTEKnet. Balai IPTEKnet memiliki fungsi untuk menerapkan aplikasi teknologi informasi untuk kepentingan publik. Agar kinerja karyawan Balai IPTEKnet menjadi lebih baik diperlukan sebuah sistem yang dapat mengevaluasi kinerja karyawan Balai IPTEKnet. Evaluasinya berupa penilaian terhadap para karyawan yang diproses menjadi bentuk pemilihan karyawan terbaik dan perangkingan seluruh karyawan. Tugas akhir ini membangun sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk menentukan karyawan terbaik di Balai IPTEKnet dengan tiga kriteria, yaitu sikap dan kepribadian yang memiliki subkriteria berupa kedisiplinan, motivasi kerja, tanggung jawab, SOP (Standar Operational Procedure) yang memiliki subkriteria berupa pemahaman terhadap tugas, ketelitian, hasil kerja, kemampuan manajerial yang memiliki subkriteria berupa kerjasama, inisiatif, kualitas kerja. Selain itu terdapat lima predikat nilai yang digunakan, yaitu sangat baik, baik, cukup, kurang, sangat kurang. SPK ini dibuat berbasis web dan dibangun dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan bobot kriteria dan subkriteria berdasarkan hasil penilaian kepentingan tiap kriteria dan subkriteria dari kepala balai. Hasil dari sistem ini adalah nilai total yang digunakan sebagai acuan di dalam perangkingan terhadap karyawan Balai IPTEKnet agar dapat ditentukan karyawan yang terbaik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59525
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Jan 2018 14:27
Last Modified:17 Jan 2018 14:27

Repository Staff Only: item control page