APLIKASI REKOMENDASI MINAT PESERTA DIDIK DI SMA MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (Studi Kasus : SMA AL-ISLAM 1 SURAKARTA)

AWANGRIEF, DINARDOO and Indrayati, Indrayati (2015) APLIKASI REKOMENDASI MINAT PESERTA DIDIK DI SMA MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (Studi Kasus : SMA AL-ISLAM 1 SURAKARTA). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

577Kb

Abstract

Peminatan peserta didik di SMA adalah suatu tahapan untuk menunjang cita-cita dan harapan peserta didik. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah simple additive weighting (SAW). Konsep dasar metode SAW yaitu mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja setiap alternatif. Proses penentuan minat peserta didik oleh guru bagian kurikulum membutuhkan waktu yang lama, karena terbatasnya guru dan banyaknya jumlah peserta didik yang diterima sekolah, sehingga diperlukan sebuah aplikasi pendukung. Aplikasi membantu guru dalam menentukan minat peserta didik berdasarkan nilai tes peminatan, nilai UN, nilai rapor, dan minat. Aplikasi APMPSA memiliki tingkat kecocokan dengan data peserta didik di SMA AL-Islam Surakarta sebesar 87.2%, dengan perbandingan rangking nilai preferensi. Sehingga, aplikasi APMPSA dapat menjadi salah satu alternatif aplikasi dalam proses penentuan minat peserta didik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59520
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Jan 2018 14:15
Last Modified:17 Jan 2018 14:15

Repository Staff Only: item control page