SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI ANGGOTA BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA DENGAN METODE ELIMINATION ET CHOIX TRADUISANT LA REALITE (ELECTRE)

APRIANSYAH , DWI PRABOWO and Indriyati, Indriyati (2015) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI ANGGOTA BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA DENGAN METODE ELIMINATION ET CHOIX TRADUISANT LA REALITE (ELECTRE). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

409Kb

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan sistem berbasis model yang terdiri dari prosedur-prosedur dalam pemrosesan data dan pertimbangannya untuk membantu manajer dalam membuat keputusan. SPK umumnya digunakan untuk membantu penghitungan data nilai untuk menghasilkan peringkat prioritas sebagai pendukung keputusan, contohnya dapat digunakan dalam seleksi anggota baru Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Seleksi anggota baru BEM saat ini masih bersifat manual pada tahap penghitungan nilai seleksi sehingga dapat memunculkan praktik kolusi dan nepotisme skala kecil dalam kampus. Solusi dari permasalahan tersebut yaitu memanfaatkan aplikasi Multi Criteria Decision Making (MCDM) dengan metode tertentu sebagai sistem pendukung keputusan pada tahap penghitungan nilai seleksi. Sistem yang dibangun pada penelitian ini bernama Sistem Seleksi Anggota (SISKA) dengan menggunakan metode Elimination et Choix Traduisant la Realite (ELECTRE). Metode ELECTRE dipilih karena menggunakan konsep outranking yang membandingkan nilai setiap alternatif. SISKA dibagi dalam 3 pengelolaan data sebagai masukan sistem yaitu data peserta, data kriteria, dan data penilaian. Hasil keluaran SISKA berupa perankingan peserta serta tabel perbandingan peserta sebagai pertimbangan dalam mendukung keputusan pengguna.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59518
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Jan 2018 13:58
Last Modified:17 Jan 2018 13:58

Repository Staff Only: item control page