Wijayanti , Dewi Eka (2009) Pelaksanaan Promosi Pada PT. Suara Merdeka Press Semarang. Working Paper. Diploma III - Marketing, FISIP Undip.
| PDF 12Kb |
Official URL: http://fisip.undip.ac.id/adbis
Abstract
PT. Suara Merdeka Press Semarang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang persurat kabaran, yang berdiri pada tanggal 11 Februari 1950. Persaingan dalam dunia persurat kabaran khususnya Harian Umum Suara Merdeka semakin ketat seiring dengan munculnya berbagai surat kabar baru. Untuk menghadapi persaingan tersebut maka PT. Suara Merdeka Press Semarang di harapkan mampu untuk menentukan kebijakan dalam kegiatan pemasaran produknya dengan melakukan suatu strategi promosi yang tepat dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan promosi yang dilakukan pada PT. Suara Merdeka Press Semarang, faktor yang mempengaruhi promosi, tujuan promosi, serta hambatan dan solusi dalam berpromosi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan promosi yang dilakukan oleh PT. Suara Merdeka Press Semarang melalui personal selling, periklanan, publisitas, dan promosi penjualan. media promosi yang digunakan adalah media elektronik, media luar ruang, dan media lini bawah. Daerah pemasaran pada PT. Suara Merdeka Press Semarang meliputi Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta. adapun tujuan promosi yang dilakukan adalah untuk memberitahu, membujuk, mengingatkan, dan modifikasi tingkah laku. Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan promosi yaitu jumlah dana, sifat pasar, dan jenis produk. Sedangkan faktor yang menentukan promosi adalah faktor pelanggan, anggaran, dan bauran pemasaran. Dalam pelaksanaan promosi PT. Suara Merdeka Press Semarang mengalami hambatan, tetapi perusahaan mempunyai solusi untuk mengatasi setiap hambatannya.
Item Type: | Monograph (Working Paper) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
ID Code: | 5951 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 28 Jan 2010 12:28 |
Last Modified: | 28 Jan 2010 12:28 |
Repository Staff Only: item control page