IMPLEMENTASI CASE BASE REASONING PADA APLIKASI HELPDESK BERBASIS WEB STUDI KASUS FAKULTAS SAINS DAN MATEMATIKA UNIVERSITAS DIPONEGORO

Hafiizh, Muhammad and Riyanto, Djalal Er (2015) IMPLEMENTASI CASE BASE REASONING PADA APLIKASI HELPDESK BERBASIS WEB STUDI KASUS FAKULTAS SAINS DAN MATEMATIKA UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

506Kb

Abstract

Unit Pengelolaan dan Pelayanan Teknologi Informasi (UP2TI) merupakan sebuah lembaga yang mengelola dan melayani kebutuhan teknologi informasi di Fakultas Sains dan Metematika (FSM) Universitas Diponegoro. UP2TI membutuhkan sebuah sistem yang mengelola keluhan yang dihadapi semua civitas akademika FSM yang berhubungan dengan teknologi informasi. Salah satu sarana yang banyak digunakan oleh beberapa penyedia jasa layanan teknologi infomasi saat ini adalah Helpdesk. Helpdesk merupakan sebuah wadah yang berisi informasi-informasi dan sumberdaya bantuan yang dapat membantu menyelesaikan kasus pada teknologi informasi. Helpdesk dapat melayani atau memberi pelayanan melalui permintaan melalui telepon, melalui situs website, atau permintaan yang disampaikan melalui email. Tugas akhir ini mengimplementasikan Metode Case Base Reasoning (CBR) berbasis Website pada aplikasi Helpdesk. Metode CBR adalah suatu teknik pemecahan masalah yang mengadopsi solusi kasus-kasus sebelumnya yang mirip dengan kasus baru yang dihadapi untuk mendapatkan solusinya. Implementasi Metode CBR dalam Helpdesk ini adalah pencarian solusi kasus dengan mencocokkan jenis kasus yang dilaporkan oleh pengguna dan administrator dapat menggunakan solusi pada kasus tersebut untuk memberikan solusi pada kasus baru sehingga kinerja administrator dapat lebih efektif dan efisien. Aplikasi ini dapat membantu tugas pelayanan yang diberikan UP2TI yaitu pemberian solusi pada masalah yang dihadapi civitas akademika FSM Universitas Diponegoro.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59496
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Jan 2018 11:38
Last Modified:17 Jan 2018 11:38

Repository Staff Only: item control page