IMPLEMENTASI LOGIKA FUZZY MAMDANI DALAM GAME SIMULASI MEMANCING

Utama, Satria Fitra Widya and Wibawa, Helmie Arif (2015) IMPLEMENTASI LOGIKA FUZZY MAMDANI DALAM GAME SIMULASI MEMANCING. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

719Kb

Abstract

Game simulasi memancing merupakan sebuah permainan yang menirukan kegiatan memancing. Game simulasi memancing terlihat menarik apabila game tersebut benarbenar mempresentasikan kejadian nyata secara detail. Untuk memenuhi hal tersebut, game memancing dapat disisipkan hal-hal yang berkaitan dengan habitat dan prilaku ikan yang ada didunia nyata. Habitat tersebut bisa berupa tempat-tempat yang terkenal. Prilaku ikan berupa waktu makan ikan dan kedalaman air. Mancing Nusantara merupakan salah satu game simulasi yang memenuhi hal-hal tersebut. Mancing Nusantara dikembangkan dengan model Unified Process. Untuk menentukan ikan yang didapat, digunakan logika fuzzy mamdani dengan agregasi operator OR (max), metode mean of maximum sebagai defuzzifikasi, dan masukan berupa waktu pemancingan dan kedalaman umpan pancing. Hasil pengujian game ini memiliki tingkat akurasi sebesar 86.9% dalam menentukan kelompok ikan yang didapat yaitu diurnal atau nokturnal.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59478
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Jan 2018 11:04
Last Modified:17 Jan 2018 11:04

Repository Staff Only: item control page