ANALISA PENGARUH KARAKTERISTIK LAYANAN TERHADAP EVALUASI KUALITAS LAYANAN PADA KRL COMMUTER LINE JABODETABEK MENGGUNAKAN JARINGAN SARAF TIRUAN BACKPROPAGATION

CITRA, KRISWARA and KUSUMANINGRUM, RETNO (2015) ANALISA PENGARUH KARAKTERISTIK LAYANAN TERHADAP EVALUASI KUALITAS LAYANAN PADA KRL COMMUTER LINE JABODETABEK MENGGUNAKAN JARINGAN SARAF TIRUAN BACKPROPAGATION. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

667Kb

Abstract

KRL Commuter Line adalah satu jenis alat transportasi yang bersifat massal, murah dan bebas macet. Proyeksi pertumbuhan penumpang KRL menunjukan jumlah penumpang KRL akan tumbuh hingga mencapai 1,2 juta penumpang per hari pada tahun 2019. Kondisi ini menjadi bukti tingginya minat masyarakat menggunakan KRL. Akan tetapi, perkembangan KRL yang pesat ini tidak diimbangi dengan adanya kualitas layanan yang baik. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan adalah dengan memperbaiki karakteristik layanan berdasarkan penilaian rangking kepentingan karakteristik layanan oleh penumpang. Penelitian ini bertujuan untuk mengenali rangking kepentingan karakteristik layanan pada KRL menggunakan Backpropagation dan metode Kepentingan Relatif, seperti Connection Weight, Improved Stepwise (i), Improved Stepwise (ii). Dalam penelitian ini juga diusulkan metode kepentingan relatif baru yang selanjutnya diberi nama Improved Stepwise (iii). Hasil penelitian menunjukkan bahwa arsitektur Backpropagation terbaik untuk mengenali data kuisioner didapat pada saat menggunakan 1 hidden layer, 20000 epochs, nilai error rate adaah 0,01 dan kombinasi parameter yang digunakan adalah jumlah hidden neuron 3, laju perubahan adalah 0,1 yang menghasilkan nilai MSE sebesar 0,026593. Hasil penelitian rangking karakteristik layanan terdapat 7 karakteristik layanan yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap kualitas layanan. Ketujuh karakteristik layanan tersebut adalah harga tiket, kebersihan daerah sepanjang rel KRL Commuter Line, ketersediaan fasilitas toilet di stasiun, kecepatan petugas menanggapi penumpang, pengetahuan petugas akan informasi KRL Commuter Line, ketersediaan penunjuk waktu (jam) di stasiun, sikap petugas stasiun.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59475
Deposited By:Mrs. Khadijah .
Deposited On:17 Jan 2018 10:58
Last Modified:17 Jan 2018 10:58

Repository Staff Only: item control page