IMPLEMENTASI SUPER ENKRIPSI ALGORITMA SHIFT-COLUMNAR CIPHER DAN RIJNDAEL UNTUK APLIKASI SMS BERBASIS SISTEM OPERASI ANDROID

Sawungsetya, Deny Kris (2015) IMPLEMENTASI SUPER ENKRIPSI ALGORITMA SHIFT-COLUMNAR CIPHER DAN RIJNDAEL UNTUK APLIKASI SMS BERBASIS SISTEM OPERASI ANDROID. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

378Kb

Abstract

Short Message Service (SMS) merupakan salah satu hasil perkembangan teknoloinformasi dibidang proses pengiriman data melalui telepon genggam. Dengamenggunakan SMS, pengguna dapat saling bertukar pesan teks dengan pengguna lain.Dalam proses pengiriman SMS tersebut telah dilakukan pengamanan data dengamelakukan enkripsi menggunakan algoritma A5. Namun hal tersebut menimbulkapersoalan baru yaitu terjadinya penyadapan (spoofing) data SMS dengan menembus sistemkeamanan algoritma A5 tersebut. Dengan begitu proses pengiriman pesan melalui layanaSMS belum menjamin kerahasiaan pesan dan perlindungan terhadap pemalsuan sertpengubahan pesan yang tidak diinginkan. Dengan menerapkan teknik kriptografi padproses pembuatan SMS pada device pengguna maka keamanan isi pesan dapat lebih terjaga. Dengan teknik kriptografi, pesan SMS yang dikirim hanya dapat dibaca atau dilihaoleh orang yang memiliki otoritas untuk membaca pesan SMS tersebut. Aplikasi SecurMessage Service dibangun untuk mengatasi permasalahan keamanan tersebut. Aplikasi inidibangun dengan bahasa pemrograman Java sehingga dapat diimplementasikan padatelepon genggam dengan sistem operasi Android. Pengamanan pesan pada aplikasi inimenggunakan super enkripsi tiga algoritma kriptografi sekaligus yaitu algoritma Shift Cipher, Rijndael, dan Columnar Cipher. Setiap algoritma memiliki kunci masing-masing pada tahap enkripsi dan dekripsi yang bersifat simetris. Pesan SMS yang dikirim merupakan hasil akhir dari proses enkripsi ketiga algoritma kriptografi tersebut berturutturut. Implementasi super enkripsi dengan menggabungkan tiga algoritma kriptograberjalan dengan baik pada aplikasi Secure Message Service ini dalam memberikan proteksi keamanan yang lebih kepada isi pesan SMS.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59466
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Jan 2018 10:49
Last Modified:17 Jan 2018 10:49

Repository Staff Only: item control page