PENERAPAN METODE FLOODFILL PATHFINDING UNTUK MENENTUKAN NAVIGASI NON PLAYABLE CHARACTER PADA GAME TOWER DEFENCE SNAKE SPACE

Ramadhan , Hafizh Faikar Agung and Sugiharto, Aris (2015) PENERAPAN METODE FLOODFILL PATHFINDING UNTUK MENENTUKAN NAVIGASI NON PLAYABLE CHARACTER PADA GAME TOWER DEFENCE SNAKE SPACE. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

418Kb

Abstract

Tower Defence (TD) adalah sebuah game real time strategy yang menugaskan pemain untuk mempertahankan target dari serbuan monster (creep) yang dikendalikan oleh AI (Artificial Intelligence) dengan cara membangun tower. Melihat potensi dan kesuksesan permainan ini, banyak developer game mulai menawarkan game serupa dengan system wise, tantangan, serta engine yang berbeda-beda. Hal paling mendasar yang dapat membedakan TD yang satu dengan yang lainnya adalah pada kemampuan creep berfikir. Skripsi ini merancang sebuah game TD yang berjudul Snake Space. Snake Space dikembangkan dengan metode Personal Extreme Programming yang diimplementasikan menggunakan bahasa Java dengan engine Greenfoot untuk menerapkan metode Floodfill Pathfinding pada sistem navigasi creep-nya. Floodfill pathfinding adalah sebuah metode pencarian rute terpendek yang menggunakan memori paling sedikit serta dengan delay tercepat sehingga sangat cocok untuk diterapkan pada sebuah game. Skripsi ini menghasilkan sebuah game TD yang melengkapi creep-nya dengan kemampuan mencari rute terpendek menuju target.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59462
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Jan 2018 10:24
Last Modified:17 Jan 2018 10:24

Repository Staff Only: item control page