APLIKASI STEGANOGRAFI PESAN TEKS PADA MEDIA AUDIO MP3 MENGGUNAKAN METODE PENYISIPAN LEAST SIGNIFICANT BIT DAN ADVANCED ENCRYPTION STANDARD

ASHARI , ILHAM FIRMAN and SUGIHARTO, ARIS (2015) APLIKASI STEGANOGRAFI PESAN TEKS PADA MEDIA AUDIO MP3 MENGGUNAKAN METODE PENYISIPAN LEAST SIGNIFICANT BIT DAN ADVANCED ENCRYPTION STANDARD. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

1206Kb

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah berkembang sangat pesat, sehingga memberikan kemudahan dalam mengakses dan mendapatkan data informasi. Dampak negatifnya adalah masalah keamanan dan munculnya berbagai macam teknik yang digunakan oleh berbagai pihak untuk mendapatkan informasi yang bersifat rahasia. Oleh karena itu, keamanan informasi merupakan aspek penting untuk menjaga kerahasian suatu informasi. Salah satu metode keamanan yang dapat digunakan untuk mengamankan pesan rahasia tanpa dapat dipersepsi adalah dengan menggabungkan metode kriptografi dan steganografi. Dalam penelitian ini, metode kriptografi yang digunakan adalah Advanced Encryption Standard (AES) dan metode Steganografi yang digunakan adalah Least Significant Bit (LSB) dengan media audio MP3. Pada awalnya pesan teks akan di dilakukan enkripsi menggunakan AES, kemudian hasil ciphertextnya akan disisipkan ke dalam audio MP3 dengan menggunakan metode LSB untuk mendapatkan file MP3Stego. Tahapan terakhir untuk mendapatkan file pesan adalah melakukan ekstraksi pada MP3Stego dan melakukan dekripsi dengan menggunakan AES untuk mendapatkan pesan asli. Hasil akhir dari aplikasi ini berupa audio MP3 stego yang telah memuat pesan yang disisipkan. Audio MP3 stego mempunyai ukuran dan bentuk yang sama persis seperti audio MP3 aslinya. Meskipun bit-bit audio MP3 sudah mengalami perubahan akibat penyisipan, namun perubahan itu tidak begitu signifikan, sehingga audio MP3Stego tidak menimbulkan kecurigaan. Berdasarkan pengujian terhadap Signal Noise to Ratio (SNR) maka didapatkan nilai SNR berbanding terbalik dengan ukuran pesan yang disisipkan, semakin besar ukuran pesan yang disisipkan maka nilai SNR semakin kecil.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59450
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:17 Jan 2018 09:47
Last Modified:17 Jan 2018 09:47

Repository Staff Only: item control page