SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PEMINATAN PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING DENGAN IMPLEMENTASI SMS GATEWAY

Sopianti, Lilis and Bahtiar, Nurdin (2015) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PEMINATAN PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING DENGAN IMPLEMENTASI SMS GATEWAY. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

221Kb

Abstract

Dalam implementasi kurikulum 2013 di tingkat SMA, peminatan peserta didik dilakukan sejak kelas X. Pilihan peminatan yang tersedia antara lain Matematika dan Ilmu Alam, Ilmu-Ilmu Sosial, dan Ilmu Bahasa dan Budaya. Proses penentuan peminatan dilakukan oleh guru BK secara cermat melalui proses seleksi berdasarkan beberapa kriteria diantaranya nilai rapor, nilai ujian nasional, nilai ujian akhir sekolah, catatan prestasi, pilihan peminatan, dan hasil psikotes. Dalam proses penentuan peminatan ini, pihak sekolah sering menghadapi beberapa kendala terkait dengan standar kriteria dari masingmasing peminatan. Untuk mengatasi kendala tersebut serta meminimalisir terjadinya kesalahan, dibutuhkan sebuah Sistem Pendukung Keputusan dalam menjalankan proses penentuan peminatan. Pada penelitian ini, sistem yang dibuat menerapkan metode Profile Matching. Metode Profile Matching menghitung kompetensi tiap individu berdasarkan kriteria yang diberikan. Implementasi metode Profile Matching dioptimalkan dengan menempatkan core dan secondary factor secara dinamis di tiap jurusan sehingga diperoleh hasil perhitungan peminatan yang ideal. Guna memberikan nilai tambah pada sistem, disertakan juga fasilitas SMS Gateway yang dapat membantu proses pemberitahuan hasil perhitungan kepada para siswa peserta peminatan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59437
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Jan 2018 09:12
Last Modified:17 Jan 2018 09:12

Repository Staff Only: item control page