PERANCANGAN APLIKASI DOKUMEN SURAT ELEKTRONIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PENCARIAN EXTENDED BOOLEAN PADA PT. JASA MARGA (PERSERO) TBK. CABANG SEMARANG

Fadhillah, Musa A Jazzumar and Riyanto, Djalal Er (2015) PERANCANGAN APLIKASI DOKUMEN SURAT ELEKTRONIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PENCARIAN EXTENDED BOOLEAN PADA PT. JASA MARGA (PERSERO) TBK. CABANG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

394Kb

Abstract

PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. merupakan perusahaan yang mengelola jasa jalan bebas hambatan (jalan tol) di Indonesia. Banyaknya dokumen surat pada PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. Cabang Semarang menimbulkan permasalahan dalam melakukan pencarian dokumen surat dengan cepat, sehingga diperlukan mekanisme untuk membangun sebuah aplikasi pengelolaan dokumen surat. Aplikasi Dokumen Surat menggunakan model pencarian extended boolean, yaitu menggabungkan boolean query dengan model ruang vektor. Model extended boolean digunakan untuk mengukur kemiripan antara kata-kata dalam dokumen surat dengan kata kunci. Untuk mengukur kemiripan tersebut dibutuhkan bobot pada setiap indeks dari kata-kata (term) yang didapat dari rumus Savoy. Aplikasi telah diuji pada 20 dokumen surat dengan memasukkan 10 kata kunci yang berbeda. Hasil pengujian menunjukkan kata-kata pada deskripsi dokumen surat sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan. Aplikasi Dokumen Surat mampu diakses oleh petugas PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. Cabang Semarang yang membutuhkan informasi dokumen surat serta memberikan kemudahan dalam hal pencarian dokumen surat yang relevan dengan kebutuhan pengguna.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59413
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:16 Jan 2018 15:30
Last Modified:16 Jan 2018 15:30

Repository Staff Only: item control page