SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA BUM KPR MENGGUNAKAN METODE TOPSIS PADA DITJEN PEMBIAYAAN PERUMAHAN DI KEMENTERIAN PU-PERA

Amalia, Puspa and Waspada, Indra (2016) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA BUM KPR MENGGUNAKAN METODE TOPSIS PADA DITJEN PEMBIAYAAN PERUMAHAN DI KEMENTERIAN PU-PERA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

620Kb

Abstract

Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan (DPP) adalah salah satu Direktorat Jenderal di Kementerian PU-Pera yang bergerak di bidang perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pembiayaan perumahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan. Kebijakan yang dikelola oleh DPP terdiri dari beberapa kebijakan, salah satu diantaranya adalah pengendalian pelaksanaan bantuan pembiayaan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), yang diwujudkan dalam program bantuan uang muka (BUM) kredit pemilikan rumah (KPR) bagi MBR. Prosedur pengelolaan data pemohon program BUM saat ini menggunakan aplikasi Microsoft Excel dan proses penyeleksian BUM dilakukan dengan menyeleksi berkas - berkas pemohon BUM satu persatu sehingga memakan waktu yang lama dan menimbulkan permasalahan pada optimalisasi waktu dan pemantauan status proses seleksi. Solusi atas permasalahan tersebut dengan membuat sistem pendukung keputusan seleksi BUM yang dapat digunakan oleh Administrator untuk mengelola data pemohon BUM, membantu Tim Seleksi dan Dirjen dalam memproses penyeleksian BUM dengan menggunakan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Pengembangan sistem informasi ini menggunakan metode spiral dengan bahasa pemograman PHP dengan framework Laravel dan sistem manajemen basis data MySQL. Setelah pengembangan selesai dilakukan, dilanjutkan pengujian secara black-box dan pengujian akurasi sistem. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sistem informasi yang dapat memproses pengelolaan data pemohon BUM, melakukan pemantauan proses seleksi yang berjalan, serta dapat memproses penyeleksian penerima BUM dengan tingkat akurasi yang diperoleh dari pengujian perbandingan hasil seleksi pada tahun 2014 sebesar 95.56 %, dan 95,26 % pada tahun 2015.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59381
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:16 Jan 2018 13:39
Last Modified:16 Jan 2018 13:39

Repository Staff Only: item control page