SISTEM DETEKSI DINI DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) BERBASIS WEB MENGGUNAKAN JARINGAN SYARAF TIRUAN BACKPROPAGATION DENGAN ALGORITMA LEVENBERG-MARQUARDT

PRATHAMI , SEPTI INTAN and Sidik Sasongko, Priyo (2016) SISTEM DETEKSI DINI DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) BERBASIS WEB MENGGUNAKAN JARINGAN SYARAF TIRUAN BACKPROPAGATION DENGAN ALGORITMA LEVENBERG-MARQUARDT. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

776Kb

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan Penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan oleh nyamuk Ae. Aegypti. Tingkat kematian akibat penyakit DBD relatif tinggi disebabkan keterlambatan pasien dalam menyadari gejala awal DBD sehingga menyebabkan keterlambatan penanganan. Deteksi dini Demam Berdarah merupakan upaya yang dilakukan untuk mengetahui kemungkinan Demam Berdarah Dengue di dalam tubuh seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem deteksi dini DBD berbasis web menggunakan jaringan syaraf tiruan Backpropagation dengan Algoritma Levenberg-Marquardt. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan gejalagejala awal pasien DBD sebanyak 10 variabel. Seluruh data penelitian diambil berdasarkan data rekam medis di RSUP Dr Karyadi. Data yang diambil sebanyak 80 data dengan pembagian data latih dan data uji menggunakan K-Fold Cross Validation. Hasil penelitian menunjukkan arsitektur terbaik untuk melakukan deteksi didapat pada kombinasi parameter hidden neuron 7, parameter Levenberg-Marquardt (µ) 0.01, maksimum epoch 1000 dan target error 0.001 yang menghasilkan MSE 0.000076.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59372
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:16 Jan 2018 11:58
Last Modified:16 Jan 2018 11:58

Repository Staff Only: item control page