APLIKASI PENENTUAN PRIORITAS GUDANG DALAM PENAMBAHAN STOK BERAS RASKIN DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (Studi Kasus Perum Bulog Subdivre Wilayah VI Pekalongan)

Lesmana, Denny Indra and Kushartanya, Kushartanya (2015) APLIKASI PENENTUAN PRIORITAS GUDANG DALAM PENAMBAHAN STOK BERAS RASKIN DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (Studi Kasus Perum Bulog Subdivre Wilayah VI Pekalongan). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

507Kb

Abstract

Salah satu program pemerintah dalam menangani masalah kemiskinan adalah RASKIN atau beras bersubsidi untuk rakyat miskin. Pengaplikasian RASKIN melibatkan Perum Bulog sebagai penyedia beras. Dalam penyalurannya, dapat terjadi kasus yang yang mengharuskan gudang harus meminta stok dari gudang lain dan dalam menentukan gudang perum Bulog hanya mempertimbangkan jarak terdekat saja. Sebagai akibat hanya mempertimbangkan jarak, dapat terjadi pembengkakan biaya dan kesalahan dalam memilih gudang. Oleh karena itu, Tugas akhir ini membangun Aplikasi Penentuan Prioritas Gudang dalam Penambahan Stok Beras Raskin dengan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode yang digunakan adalah metode proporsional dalam pembobotan dan SAW sebagai perankingan. Aplikasi di bangun dengan model proses sekuensial linier, menggnakan pemrograman Visual Basic.NET dan DBMS SQL Server 2008. Aplikasi yang dibuat memberikan prioritas gudang yang didasarkan pada kriteria jarak antar gudang, waktu pendistribusian, biaya pendistribusian, kuota gudang, fumigasi dan ketahanan pangan gudang. Hasil dari aplikasi adalah suatu rekomendasi yang dapat dijadikan pendukung dalam penentuan prioritas gudang dalam penyaluran raskin di Perum Bulog.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59358
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:16 Jan 2018 11:05
Last Modified:16 Jan 2018 11:05

Repository Staff Only: item control page