SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM MAGISTER SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS DIPONEGORO MENGGUNAKAN METODE AHP (ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS) DAN SAW (SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING)

Nur, Cut Fauziah and Indrayati, Indrayati (2016) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM MAGISTER SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS DIPONEGORO MENGGUNAKAN METODE AHP (ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS) DAN SAW (SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

459Kb

Abstract

Program Magister Sistem Informasi (MSI) Undip memiliki proses seleksi dan kriteriakriteria tertentu untuk mengetahui tingkat kompetensi dari calon mahasiswa baru yang akan dipilih. Mekanisme penyeleksian mahasiswa baru pada MSI masih belum memanfaatkan teknologi informasi sehingga perlu dikembangkan sistem pendukung keputusan yang dapat membantu dalam penyeleksian mahasiswa baru serta mempermudah dalam hal manajemen pengelolaan penyeleksian. Penelitian ini menghasilkan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dengan metode AHP (Analytic Hierarchy Process) dan SAW (Simple Additive Weighting) berbasis web. AHP digunakan untuk menentukan bobot dari kriteria calon mahasiswa yaitu wawancara, TPA (Tes Potensi Akademik), dan pengetahuan Bahasa Inggris, sedangkan SAW digunakan sebagai langkah akhir sehingga menghasilkan peringkat nilai tertinggi ke terendah calon mahasiswa berdasarkan kriteria tersebut. Sistem ini dikembangkan dengan model Unified Process dan bahasa pemrograman PHP dengan bantuan framework CodeIgniter. Terdapat 4 (empat) pengguna pada sistem ini yaitu staff, penyeleksi, ketua prodi, dan pengunjung. Data yang digunakan sebagai uji coba adalah data pendaftar mahasiswa baru tahun 2015 gelombang I dan menghasilkan tingkat akurasi sebesar 88.24%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59357
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:16 Jan 2018 10:53
Last Modified:16 Jan 2018 10:53

Repository Staff Only: item control page