SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA BERPRESTASI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TINGKAT KABUPATEN DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) (Studi Kasus: Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang)

RIYANI, IKHSANIA and Indriyati, Indriyati (2015) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA BERPRESTASI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TINGKAT KABUPATEN DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) (Studi Kasus: Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

2311Kb

Abstract

Pendidikan yang berskala nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan potensi peserta didik. Untuk menjalankan fungsi pendidikan nasional tersebut, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah mengadakan Lomba Siswa Berprestasi. Lomba Siswa Berprestasi merupakan kompetisi yang dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kabupaten/kota sampai tingkat provinsi, dengan kriteria-kriteria yang berupa tes tertulis, nilai rapor, tes wawancara, dan tes keterampilan yang meliputi tes keterampilan wajib dan pilihan. Proses pemilihan siswa berprestasi secara manual seringkali menemui masalah seperti banyaknya jumlah kriteria yang harus dipertimbangkan dan jumlah peserta yang cukup banyak. Selain itu, seringkali proses pemilihan terbentur dengan singkatnya jarak antar Lomba Siswa Berprestasi tingkat Kabupaten dengan tingkat Provinsi. Oleh karena itu dibuatlah suatu Sistem Pendukung Keputusan yang dapat membantu Dinas Pendidikan di tingkat Kabupaten dalam proses pemilihan siswa berprestasi sehingga proses pemilihan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode SAW dipilih karena metode ini mampu melakukan perhitungan dengan mempertimbangkan nilai bobot dari tiap kriteria, untuk kemudian dilanjutkan dengan proses perankingan untuk menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif yang ada. Data Lomba Siswa Berprestasi yang digunakan sebagai masukan adalah data dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Magelang tahun 2011 dengan hasil perankingan peserta lomba sebagai keluaran. Hasil perhitungan dari sistem menghasilkan akurasi 48,38% yang didapat dari perbandingan hasil perankingan sistem dengan hasil perankingan di Disdikpora Magelang.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59355
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:16 Jan 2018 10:47
Last Modified:16 Jan 2018 10:47

Repository Staff Only: item control page