SISTEM PENGUKURAN KINERJA UNIT USAHA APOTEK MENGGUNAKAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) (Studi Kasus: Apotek Kimia Farma Semarang)

PAMUNGKAS , GUMILAR LINGGA and Noranita, Beta (2016) SISTEM PENGUKURAN KINERJA UNIT USAHA APOTEK MENGGUNAKAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) (Studi Kasus: Apotek Kimia Farma Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

551Kb

Abstract

Kimia Farma merupakan salah satu apotek berbentuk perusahaan jasa yang bergerak dibidang kesehatan masyarakat. Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang kesehatan masyarakat, peningkatan kualitas pelayanan perlu dilakukan karena mempengaruhi tingkat kepercayaan masyarakat dan tentu saja berpengaruh pada nilai pendapatan dari penjualan produk apotek Kimia Farma. Saat ini PT. Kimia Farma tbk.mempunyai 13 unit usaha apotek yang tersebar di wilayah Semarang, maka dari itu diperlukan sebuah sistem dengan metode yang tepat untuk mengukur efisiensi dan memberikan evaluasi terhadap kinerja dari setiap unit usaha yang ada. Sistem pengukuran kinerja unit usaha ini menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA) dengan mengambil sampel 4 DMU dalam penelitian ini. Metode DEA dapat digunakan untuk mengukur tingkat efisiensi dari Decision Making Unit (DMU) relatif terhadap Decision Making Unit (DMU) sejenis. Metode DEA menghasilkan suatu indeks kinerja menunjukkan tingkat efisiensi yang dimiliki oleh unit usaha. Dikatakan efisien jika unit usaha telah optimal sesuai potensi yang dimiliki. Efisiensi dapat dilihat dari nilai yang berkisar antara 0 sampai 1. Semakin mendekati nilai 1 maka unit usaha dapat dikatakan semakin efisien. Dari penelitian yang dilakukan terdapat 4 DMU yaitu Apotek Kimia Farma Banyumanik, Apotek Kimia Farma Pemuda, Apotek Kimia Farma Soetomo dan Apotek Kimia Farma Sultan Agung. Terdapat 4 inputs dan 2 outputs sebagai bahan penilaian yaitu jumlah karyawan, jumlah gaji karyawan, jumlah apoteker, dan jumlah dokter dalam lingkungan apotek untuk variabel input nya, sedangkan variabel outoput yaitu laba apotek dan jumlah resep dokter. Berdasarkan hasil perhitungan nilai efisiensi dari 4 DMU terhadap DMU ke 1 adalah ratarata penurunan nilai input dan rata-rata kenaikan nilai output.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59347
Deposited By:Mrs. Khadijah .
Deposited On:16 Jan 2018 10:09
Last Modified:16 Jan 2018 10:09

Repository Staff Only: item control page