APLIKASI PENILAIAN EFISIENSI KINERJA DINAS PARIWISATA PROVINSI UNTUK PENGEMBANGAN PARIWISATA DI INDONESIA MENGGUNAKAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA)

Rahman, Rifki Aulia and Noranita, Beta (2016) APLIKASI PENILAIAN EFISIENSI KINERJA DINAS PARIWISATA PROVINSI UNTUK PENGEMBANGAN PARIWISATA DI INDONESIA MENGGUNAKAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
376Kb

Abstract

Kementrian Pariwisata diharapkan menyiapkan bahan penyusunan rencana dan program, pemantauan, dan evaluasi dalam bentuk suatu penilaian pengembangan pemasaran pariwisata untuk mengetahui analisa pasar pariwisata di Indonesia, sebagai pendukung pengambilan keputusan dan akan ditetapkan untuk rancangan strategis pengembangan pariwisata kedepannya. Kementrian Pariwisata perlu melakukan evaluasi penghitungan efisiensi kinerja Dinas Pariwisata Provinsi agar dapat menjadi evaluasi dalam pengembangan pariwisata di Indonesia. Untuk menganalisa pasar pariwisata di Indonesia perlu dibangun suatu aplikasi yang mampu menilai hasil atau gambaran efesiensi dan memberikan rekomendasi untuk pengembangan pariwisata di Indonesia. Pembangunan aplikasi ini menggunakan metode pengambilan keputusan Data Envelopment Analysis (DEA). Alasan penggunaan DEA adalah karena DEA dapat mengukur/membandingkan efisiensi beberapa DMU (Decission Making Unit). DMU adalah sebuah unit entitas (organisasi) sebagai objek dari alat evaluasi kinerja kegiatan suatu aktivitas. Analisa Pariwisata Indonesia dilakukan pada tingkat provinsi yang ditetapkan sebagai destinasi pariwisata unggulan, berdasarkan Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor: PM.37/UM.001/MKP/07 tentang Kriteria dan Penetapan Destinasi Pariwisata Unggulan. Aplikasi yang dihasilkan menggunakan tiga provinsi yang dipilih untuk dihitung nilai efisiensinya, yaitu: Sumatra Barat, Sulawesi Utara, dan Nusa Tenggara Barat. Variabel Input meliputi: jumlah pegawai dinas pariwisata, jumlah biaya promosi pariwisata, dan jumlah kegiatan promosi pariwisata. Variabel Output meliputi: jumlah wisatawan, jumlah pendapatan, dan jumlah tempat pariwisata. Hasilnya yaitu satu DMU bernilai 1 yang artinya nilainya sudah efisien, dan dua DMU bernilai 0,78 dan 0,95 yang artinya perlu dilakukan rekomendasi oleh aplikasi berupa saran untuk menaikkan atau menurunkan nilai pada variabel input dan outputnya untuk mendapatkan nilai yang efisien.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59322
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:16 Jan 2018 08:39
Last Modified:16 Jan 2018 08:39

Repository Staff Only: item control page