SISTEM PENILAIAN KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DAN NON KEPENDIDIKAN PROGRAM STUDI/ JURUSAN DI PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA)

Habibie, Khairul and Noranita, Beta (2016) SISTEM PENILAIAN KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DAN NON KEPENDIDIKAN PROGRAM STUDI/ JURUSAN DI PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

825Kb

Abstract

Sebagai salah satu bentuk peningkatan kualitas pada program studi/ jurusan, dapat dilihat dari kualitas tenaga kependidikan dan non kependidikan yang terdapat pada program studi/ jurusan pada universitas tersebut. Dalam pengimplementasiannya, bentuk peningkatan kualitas tersebut dapat dilihat pada akreditasi institusi tersebut. Proses peningkatan untuk kinerja tenaga kependidikan dan non kependidikan ini tentu saja disebabkan banyak faktor yang sebagai bahan penilaiannya, maka perlu dibangun suatu sistem yang mampu melakukan penilaian kinerja tenaga kependidikan dan non kependidikan untuk mengolah banyak faktor penilaian tersebut. Sistem penilaian kinerja tenaga kependidikan dan non kependidikan ini menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA). Data Envelopment Analysis (DEA) mengukur tingkat efisiensi dari Decision Making Unit (DMU) relatif terhadap Decision Making Unit (DMU) sejenis. Metode Data Envelopment Analysis (DEA) menghasilkan suatu indeks kinerja tenaga kependidikan dan non kependidikan yang menunjukkan tingkat efisiensi yang dimiliki oleh program studi/ jurusan. Dikatakan efisien jika tenaga kependidikan dan non kependidikan telah optimal sesuai potensi yang dimiliki. Efisiensi dapat dilihat dari nilai yang berkisar antara 0 sampai 1. Semakin mendekati nilai 1 maka tenaga kependidikan dan non kependidikan dapat dikatakan semakin efisien. Dari penelitian yang dilakukan terdapat 3 Decision Making Unit (DMU). Terdapat 10 inputs dan 6 outputs sebagai bahan penilaian. Berdasarkan hasil perhitungan nilai efisiensi Decision Making Unit (DMU) ke 3 terhadap Decision Making Unit ke 1 adalah rata-rata kenaikan nilai input dan rata-rata kenaikan nilai output.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59317
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:16 Jan 2018 08:08
Last Modified:16 Jan 2018 08:08

Repository Staff Only: item control page