SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN REWARD KEPADA ANGGOTA TERBAIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS

SETIAJI, BAGUS and Riyanto, Djalal Er (2016) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN REWARD KEPADA ANGGOTA TERBAIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

619Kb

Abstract

Koperasi Simpan Pinjam Utama Karya Jepara merupakan badan usaha tingkat menengah yang bergerak di bidang simpan dan pinjam untuk para anggotanya. Untuk menarik dan mempertahankan anggota, koperasi tersebut mengadakan kegiatan pemberian reward sebagai program tahunan. Dalam menentukan calon penerima reward, koperasi tersebut masih menggunakan cara sederhana yaitu dengan cara pengundian tanpa menggunakan kriteria penilaian. Dengan demikian berpotensi terpilihnya penerima reward untuk anggota yang memberikan kontribusi minimum terhadap koperasi. Dalam pembuatan tugas akhir ini akan dikembangkan suatu aplikasi sistem pendukung keputusan pemberian reward kepada anggota terbaik menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan model proses prototipe. Aplikasi dikembangkan dengan metode AHP karena metode tersebut mempunyai kemampuan untuk menentukan calon penerima reward dengan menggunakan kriteria penilaian. Aplikasi dikembangkan dengan model proses prototipe karena model proses tersebut bertindak sebagai mekanisme untuk mengidentifikasi spesifikasi-spesifikasi kebutuhan perangkat lunak. Dengan adanya aplikasi pemberian reward yang mampu memproses empat kriteria penilaian yaitu saldo rata-rata dalam satu tahun, setoran terbesar dalam satu tahun, tanggal terdaftar, dan intensitas transaksi menabung dalam satu tahun menjadi data calon penerima reward. Koperasi memperoleh output dari aplikasi berupa data pendukung sebagai bahan referensi untuk menentukan data calon penerima reward. Sehingga koperasi tidak lagi memberikan reward kepada anggota yang memberikan kontribusi minimum terhadap koperasi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59303
Deposited By:Mrs. Khadijah .
Deposited On:15 Jan 2018 14:15
Last Modified:15 Jan 2018 14:15

Repository Staff Only: item control page