SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN BIBIT KELAPA SAWIT MENGGUNAKAN METODE PREFERENCE RANKING ORGANIZATION METHOD FOR ENRICHMENT EVALUATION (PROMETHEE)

Girsang, Surya Fransisco and Noranita, Beta (2016) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN BIBIT KELAPA SAWIT MENGGUNAKAN METODE PREFERENCE RANKING ORGANIZATION METHOD FOR ENRICHMENT EVALUATION (PROMETHEE). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
526Kb

Abstract

Tanaman kelapa sawit (Elaeis guineensis jacq) merupakan komoditas perkebunan yang memiliki peran penting di sektor ekonomi untuk meningkatkan devisa negara dan memenuhi kesejahteraan rakyat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perlu dilakukan pemilihan bibit kelapa sawit yang akan ditanam sesuai dengan kriteria lahan seperti suhu, curah hujan, ketinggian daerah, dan jenis tanah. Dalam menentukan bibit kelapa sawit, dilakukan perbandingan antara bibit satu dengan yang lain sesuai dengan karakteristiknya masing-masing, sehingga didapatkan bibit terbaik yang sesuai dengan kriteria lahan sebagai dasar pertimbangan bibit yang akan ditanam. Oleh karena itu, perlu dibangun suatu sistem pendukung keputusan dalam menentukan bibit kelapa sawit. Sistem ini dibangun dengan menggunakan metode Preference Ranking Organization Method For Enrichment Evaluation (PROMETHEE) dan metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan yaitu linier sequensial. Sistem ini dapat menghasilkan perangkingan bibit kelapa sawit terbaik dari jenis bibit kelapa sawit yang unggul.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59287
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Jan 2018 11:50
Last Modified:15 Jan 2018 11:50

Repository Staff Only: item control page