IMPLEMENTASI JARINGAN SYARAF TIRUAN METODE BACKPROPAGATION DAN INTERPOLASI DATA DALAM SIMULASI HARGA DAGING SAPI DALAM NEGERI

Prastya, Dwiyan Panji and KUSUMANINGRUM, RETNO (2016) IMPLEMENTASI JARINGAN SYARAF TIRUAN METODE BACKPROPAGATION DAN INTERPOLASI DATA DALAM SIMULASI HARGA DAGING SAPI DALAM NEGERI. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
2238Kb

Abstract

Daging sapi merupakan salah satu bahan pangan pokok di Indonesia dengan tingkat konsumsi yang selalu mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Ketersediaan pasokan daging sapi sangat penting karena dapat berdampak pada ketidakstabilan harga daging sapi dalam negeri.Peramalan harga adalah satu cara yang dapat digunakan untuk menangani ketidakstabilan harga. Peramalan harga bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang keadaan harga di masa yang akan datang, sehingga dapat digunakan untuk melakukan pengambilan keputusan. Metode backpropagationadalah salah satu metode yang dikembangkan untuk mendapatkan hasil perkiraan yang mendekati dengandata sebenarnya. Backpropagation membutuhkan data yang banyak, akan tetapi kondisi data yang ada sangat terbatas. Interpolasi data dilakukan untuk mengatasi masalah keterbatasan data perlu, dimana data tahunan yang ada diubah menjadi data bulanan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun model jaringan syaraf tiruan menggunakan algoritma backpropagation dan interpolasi data yang dapat memprediksi harga daging sapi dalam negeri. Parameter yang digunakan dalam memprediksi harga daging sapi dalam negeri adalah jumlah populasi sapi,jumlah produksi daging sapi dan harga daging sapi dalam negeri.Pelatihan aplikasi menunjukkan arsitektur terbaik dengan kombinasi parameter momentum 0.1, laju perubahan 0.01 dan jumlah hidden neuron 6yang menghasilkan nilai MAPE sebesar 12% dan akurasi pengujian sebesar 88%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59269
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:15 Jan 2018 10:37
Last Modified:15 Jan 2018 10:37

Repository Staff Only: item control page