PENCARIAN RUTE TERPENDEK MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA DAN ALGORITMA BRANCH AND BOUND DENGAN MENENTUKAN LOKASI AWAL DAN AKHIR SUATU RUMAH SAKIT TERTENTU DI KOTA SEMARANG

Riyandika, Ardy and Suhartono, Suhartono (2016) PENCARIAN RUTE TERPENDEK MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA DAN ALGORITMA BRANCH AND BOUND DENGAN MENENTUKAN LOKASI AWAL DAN AKHIR SUATU RUMAH SAKIT TERTENTU DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
532Kb

Abstract

Pada era globalisasi, teknologi komputer menjadi kebutuhan pokok dalam membantu kinerja manusia. Peranan komputer sangat luas, seperti alat bantu hitung dan menjadi alat bantu penyelesaian masalah yang dihadapi manusia. Metode komputasi dan teknologi informasi semakin berkembang untuk membantu dalam menyelesaikan masalah routing, seperti penentuan rute terpendek dan Travel Salesman Problem (TSP). Kota Semarang mempunyai banyak lokasi rumah sakit. Letak rumah sakit di Kota Semarang berbeda-beda sehingga banyak pilihan rute yang harus dipilih sesuai kebutuhan pengguna. Algoritma merupakan prosedur komputasi yang mengubah dari sejumlah masukkan menjadi sejumlah keluaran. Algoritma Dijkstra merupakan salah satu algoritma greedy yang dipakai dalam memecahkan permasalahan jarak terpendek untuk sebuah graf berarah dengan bobot sisi yang bernilai positif. Algoritma Branch and Bound merupakan sebuah teknik algoritma yang secara khusus mempelajari bagaimana cara memperkecil search tree menjadi sekecil mungkin. Hasil akhir dari sistem ini berupa perbandingan rute terpendek menggunakan algoritma Dijkstra dan algoritma Branch and Bound. Hasil tersebut dipaparkan dalam bentuk visualisasi pada peta dan waktu eksekusi yang dilakukan oleh kedua algoritma. Pengujian dilakukan menggunakan data lokasi rumah sakit yang didapat dari Dinas Kesehatan Kota Semarang. Pada pengujian sistem dilakukan pengujian dengan memasukkan titik awal dan titik akhir data asli menghasilkan rute yang sama pendek tetapi untuk waktu eksekusi, algoritma Dijkstra lebih cepat dibanding algoritma Branch and Bound.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59252
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:15 Jan 2018 09:38
Last Modified:15 Jan 2018 09:38

Repository Staff Only: item control page