TIPOLOGI DAN KONSEP INTEGRASI PADA LINGKUNGAN BANGUNAN PENDIDIKAN DENGAN KARAKTER ARSITEKTUR KOLONIAL DI JALAN KARTINI KOTA SALATIGA TESIS

ASHAR SETYOAJI, SIGIT (2015) TIPOLOGI DAN KONSEP INTEGRASI PADA LINGKUNGAN BANGUNAN PENDIDIKAN DENGAN KARAKTER ARSITEKTUR KOLONIAL DI JALAN KARTINI KOTA SALATIGA TESIS. Masters thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF - Submitted Version
144Kb
[img]
Preview
PDF - Submitted Version
366Kb
[img]
Preview
PDF - Submitted Version
440Kb
[img]
Preview
PDF - Submitted Version
316Kb
[img]
Preview
PDF - Submitted Version
6Mb
[img]
Preview
PDF - Submitted Version
6Mb
[img]
Preview
PDF - Submitted Version
157Kb
[img]
Preview
PDF
198Kb

Abstract

Bangunan cagar budaya adalah bangunan yang secara arsitektural memiliki kekhasan baik dari nilai arsitektural, estetika dan mewakili suatu simbol kebudayaan. Bangunan pendidikan di jalan Kartini Salatiga merupakan sebuah komplek bangunan cagar budaya yang terdapat di Kota Salatiga ,merupakan peninggalan kolonial Belanda, sehingga tidak mengherankan apabila bangunan tersebut memiliki karakter arsitektur kolonial yang membentuk identitas yang khas pada kawasan tersebut. Pembangunan selasar pendidikan di Jalan Kartini Kota Salatiga tidak terlepas dari status kota Salatiga sebagai Kota Gemeente yang membuat Kota Salatiga maju dalam pembangunan fasilitas kotanya termasuk fasilitas pendidikan di jalan Kartini dulunya bernama Normaalschoolweg yang diperuntukkan untuk orang pribumi. Bangunan-bangunan pendidikan tersebut adalah SMP Negeri 1 Salatiga atau dahulu berfungsi sebagai MULO, SMP Negeri 2 dulu berfungsi sebagai Meisijis Kweekschool, dan SMA Negeri 3 dan SD Negeri 5 yanbg dahulu merupakan komplek Normaalschool. Perlu kiranya kini dilakukan sebuah studi mengenai tipologi dan konsep integrasi kawasan mengingat bangunan tersebut merupakan bangunan cagar budaya yang berada pada satu kawasan yang berdekatan, sebagai upaya peran aktif pelestarian bangunan cagar budaya dari segi akademis arsitektur. Untuk menjawab pertanyaan penelitian mengenai tipologi dan konsep integrasi pada kawasan bangunan pendidikan di jalan Kartini Salatiga digunakan metode rekonstruksi baik secara bangunan maupun secara kawasan yang dilakukan dengan mencari data kesejarahan berupa foto maupun wawancara kepada narasumber yang kompeten, yang kemudian dianalisa berdasarkan kajian analisa tipologis dan konsep integrasi melalui penggambaran ulang. Dalam penelitian ini diketahui bahwa bangunan pendidikan di jalan Kartini Salatiga merupakan tipologi bangunan pendidikan pendekatan desain tropis dengan langgam arsitektur kolonial modern yang secara tatanan kawasan tidak memiliki keselarasan dalam konsep penataan kawasannya, namun ada usaha untuk mengintegrasikan bangunan pendidikan pada kawasan tersebut.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:N Fine Arts > NA Architecture
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Architecture
ID Code:59248
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Jan 2018 09:26
Last Modified:15 Jan 2018 09:26

Repository Staff Only: item control page