RANCANG BANGUN APLIKASI WATERMARKING CITRA DIGITAL DENGAN METODE WATERMARK DISCRETE COSINE TRANSFORM UNTUK CITRA GRAYSCALE

Hermawan, Hermawan and Sarwoko,, Eko Adi (2016) RANCANG BANGUN APLIKASI WATERMARKING CITRA DIGITAL DENGAN METODE WATERMARK DISCRETE COSINE TRANSFORM UNTUK CITRA GRAYSCALE. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
578Kb

Abstract

Watermarking merupakan teknik penyisipan (embedding) informasi ke dalam data digital seperti citra, audio, dan video secara rahasia. Informasi yang disisipkan kemudian harus dapat diperoleh kembali meskipun data digital telah diproses, disalin, atau didistribusikan. Hal ini sering dilakukan dengan tujuan melindungi hak cipta pada citra digital. Untuk merealisasikan aplikasi watermarking yang tahan terhadap serangan, diperlukan rancang bangun aplikasi. Dalam pembuatan tugas akhir ini penulis melakukan sebuah Rancang Bangun Aplikasi Watermarking Citra Digital dengan Metode Watermark Discrete Cosine Transform (DCT) untuk Citra Grayscale yang diketahui memiliki ketahanan yang baik terhadap serangan beberapa usaha pemrosesan citra, seperti peningkatan kualitas citra, penambahan noise dan pengubahan ukuran (resizing). Dengan adanya Aplikasi Watermarking Citra Digital ini dapat membantu melindungi hak cipta citra digital yang tersebar di internet agar tidak disalahgunakan oleh pihak tertentu untuk disalin ataupun untuk kepentingan komersial.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59247
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:15 Jan 2018 09:28
Last Modified:15 Jan 2018 09:28

Repository Staff Only: item control page