IMPLEMENTASI WATERMARKING CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN METODE DISRETE WAVELET TRANSFORMATION DAN SISTEM CHAOS PADA PENGACAKAN LEAST SIGNIFICANT BIT

Simanjuntak, Satriaman Toras Doni and Wibawa, Helmie Arif (2016) IMPLEMENTASI WATERMARKING CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN METODE DISRETE WAVELET TRANSFORMATION DAN SISTEM CHAOS PADA PENGACAKAN LEAST SIGNIFICANT BIT. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
469Kb

Abstract

Bitmap adalah sebuah citra digital yang mudah dan cepat dalam pembuatannya karena berupa sekumpulan titik atau pixel yang memiliki warna tertentu sehingga ringan untuk dikirimkan melalui media mobile atau internet. Masalah yang terjadi adalah citra bitmap sering dikirimkan tanpa keamanan khusus sehingga rentan akan gangguan atau penyadapan. Dibutuhkan suatu metode untuk mengatasi masalah tersebut. Pada Tugas Akhir ini dibahas tentang pembuatan aplikasi desktop yang dapat melakukan penyisipan dengan watermarking bitmap pada media penampung citra host bitmap karena ukurannya yang besar dan jarang digunakan. Metode watermarking yang digunakan adalah Discrete Wavelet Transformation (DWT) untuk mentransformasi citra host dari domain spatial ke dalam domain frequency pada ruang warna RGB ditambah dengan metode Logistic Map sebagai indeks pengacakan pada saat penyisipan. Metode penyisipan yang digunakan adalah metode Least Significant Bit (LSB). Proses watermarking menunjukkan nilai Peak Signal to Noise Ratio (PSNR) berkisar antara 38 decibel (dB) sampai dengan 40 decibel (dB). Sementara proses ekstraksi menghasilkan citra watermark yang kemudian akan dibandingkan dengan citra watermark awal. Perbandingan nilai Normalized Crosscorellation (NC) berkisar antara 0,8 sampai 1,00. Penyisipan dapat mengalami kegagalan apabila ukuran citra watermark yang disisipkan tidak ¼ dari citra host.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59246
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:15 Jan 2018 09:16
Last Modified:15 Jan 2018 09:16

Repository Staff Only: item control page