Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Berbelanja di Hypermart Javamall Semarang

Sukamdani, Nugraha Andriawan (2009) Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Berbelanja di Hypermart Javamall Semarang. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
12Kb

Official URL: http://fisip.undip.ac.id/adbis

Abstract

Pesatnya pertumbuhan pasar ritel nasional saat ini tak lepas dari perkembangan demografi, pertumbuhan ekonomi, perkembangan sosial budaya, kemajuan teknologi, globalisasi, infrastruktur, hukum dan peraturan, sehingga persaingan untuk mendapatkan dan mempertahankan pangsa pasar antar peritel tak dapat terelakan lagi dan berlangsung sangat ketat. Salah satu cara untuk mendapatkan dan mempertahankan pangsa pasar adalah peritel harus mampu membuat konsumennya menjadi loyal. Loyalitas konsumen akan tercapai apabila peritel berada pada lokasi yang strategis, memiliki assortment produk yang lengkap, harga produk yang ditawarkan lebih murah, promosi yang menarik, pelayanan yang memuaskan dan atmosfer yang nyaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh terhadap faktor – faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen berbelanja di Hypermart Javamall Semarang. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah jumlah produk Hypermart Javamall cenderung lebih sedikit dibanding pesaingnya Carrefour DP Mall, Semarang. Penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan dan pengaruh antara variabel-variabel penelitian. Populasinya adalah sejumlah konsumen yang melakukan aktivitas perbelanjaan di Hypermart Javamall. Jumlah sampel untuk populasi yang tidak diketahui dalam penelitian ini adalah 100 orang. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling aksidental, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, wawancara dan observasi. Uji kuesioner menggunakan uji validitas, dan reliabilitas, dan uji hipotesis mengunakan uji t, uji F dan koefisien determinasi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:5924
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:28 Jan 2010 10:46
Last Modified:28 Jan 2010 10:46

Repository Staff Only: item control page