APLIKASI SISTEM UNTUK EVALUASI KUALITAS LAYANAN BAGIAN KEMAHASISWAAN DENGAN JARINGAN SARAF TIRUAN BACKPROPAGATION

WAHYUNI, WINDA TRI and Suhartono, Suhartono (2016) APLIKASI SISTEM UNTUK EVALUASI KUALITAS LAYANAN BAGIAN KEMAHASISWAAN DENGAN JARINGAN SARAF TIRUAN BACKPROPAGATION. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
1484Kb

Abstract

Penilaian kualitas pelayanan merupakan salah satu langkah penting untuk memastikan bahwa pelayanan yang diberikan suatu instansi memenuhi harapan penggunanya. Penilaian kualitas pelayanan juga merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh universitas, termasuk Universitas Diponegoro dalam menjaga kualitas pelayanannya. Setiap semester, Universitas Diponegoro mengadakan suatu kegiatan evaluasi untuk layanan administrasi akademik dan evaluasi dosen berdasarkan penilaian dari mahasiswa. Namun demikian evaluasi ini dilakukan di tingkat universitas dan belum dilakukan proses penilaian kualitas yang lebih spesifik di layanan bidang tertentu di tingkat fakultas, termasuk di Fakultas Sains dan Matematika. Oleh sebab itu dilakukan evaluasi kualitas layanan untuk menentukan karakteristik layanan apa yang perlu ditonjolkan dan dianggap penting oleh mahasiswa terhadap bagian kemahasiswaan Fakultas Sains dan Matematika. Pada penelitian ini digunakan jaringan saraf tiruan backpropagation inisialisasi Nguyen Widrow yang dikombinasikan dengan metode kepentingan relatif connection weight untuk menetukan kepentingan karakteristik pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arsitektur jaringan backpropagation terbaik untuk mengenali data kuesioner diperoleh pada kombinasi parameter hidden neuron 4, laju pembelajaran 0.1, maksimum epoch 1000 dan target error 0.01 yang menghasilkan mean square error sebesar 0.017611. Karakteristik pelayanan yang mempunyai pengaruh besar dalam evaluasi kualitas layanan bagian kemahasiswaan di Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro yaitu tata letak ruang pelayanan, penampilan dan kerapihan karyawan, keinginan karyawan dalam membantu dan memberikan pelayanan dengan tanggap, perhatian terhadap keluhan mahasiswa, keamanan pelayanan administrasi kemahasiswaan, ketersediaan kursi tunggu di ruang pelayanan, kemudahan prosedur pelayanan, karyawan memberikan informasi yang jelas kepada mahasiswa dan kemampuan dalam memberi pelayanan dengan cepat dan tepat.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59230
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Jan 2018 08:26
Last Modified:15 Jan 2018 08:26

Repository Staff Only: item control page