APLIKASI KEAMANAN CITRA DIGITAL PADA PERANGKAT BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN TRANSFORMASI DISCRETE COSINE TRANSFORM, KRIPTOGRAFI TWOFISH, DAN ALGORITMA FISHER YATES SHUFFLING

Fajriansyah, Ardhan and Wibawa, Helmie Arif (2016) APLIKASI KEAMANAN CITRA DIGITAL PADA PERANGKAT BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN TRANSFORMASI DISCRETE COSINE TRANSFORM, KRIPTOGRAFI TWOFISH, DAN ALGORITMA FISHER YATES SHUFFLING. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
630Kb

Abstract

Penggunaan media penyimpanan pada telepon seluler merupakan hal yang umum pada saat ini. Segala macam data digital dapat dengan mudah disimpan pada telepon seluler, salah satunya yaitu gambar. Gambar merupakan data yang bersifat informatif, bahkan terkadang mengandung hal yang sensitif bagi sebagian orang. Kurangnya keamanan dalam menyimpan gambar pada telepon seluler dapat menyebabkan berbagai permasalahan, contohnya penyalahgunaan informasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu dibutuhkan suatu metode untuk mengatasi masalah tersebut. Pada penelitian kali ini akan dibahas tentang pembuatan aplikasi mobile berbasis Android yang dapat melakukan proses enkripsi dekripsi dengan mengacak bitmap color suatu citra. Metode yang digunakan adalah Discrete Cosine Transform (DCT) untuk mentransformasi citra asli dari domain spasial ke dalam domain frekuensi pada ruang warna RGB ditambah dengan metode kriptografi Twofish untuk pembangkitan kunci yang kemudian digabungkan dengan proses pengacakan algoritma Fisher Yates Shuffling.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59225
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Jan 2018 15:27
Last Modified:12 Jan 2018 15:27

Repository Staff Only: item control page