APLIKASI MESIN PENCARI DOKUMEN CROSS LANGUAGE BAHASA INGGRIS – BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN VECTOR SPACE MODEL APLIKASI MESIN PENCARI DOKUMEN CROSS LANGUAGE BAHASA INGGRIS – BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN VECTOR SPACE MODEL

ZAKIR, ABDUL MAGHFIR and Endah, Sukmawati Nur (2016) APLIKASI MESIN PENCARI DOKUMEN CROSS LANGUAGE BAHASA INGGRIS – BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN VECTOR SPACE MODEL APLIKASI MESIN PENCARI DOKUMEN CROSS LANGUAGE BAHASA INGGRIS – BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN VECTOR SPACE MODEL. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

650Kb

Abstract

Fenomena banjirnya informasi seiring berkembangnya teknologi dapat ditangani dengan kajian-kajian yang ada pada information retrieval (IR). Namun permasalahan pada IR semakin berkembang karena adanya perbedaan bahasa antar negara. Oleh karena itu dibutuhkan suatu aplikasi cross-language information retrieval (CLIR) yang mampu mengoptimalkan hasil pencarian dokumen lintas bahasa. Aplikasi mesin pencari dokumen ini dapat melakukan penerjemahan pada masukan query lalu dihitung kemiripannya terhadap dokumen yang memiliki bahasa yang berbeda. Nilai kemiripan ini dapat ditentukan berdasarkan nilai similaritas dokumen terhadap query dengan Vector Space Model. Sepuluh dokumen dengan nilai kemiripan tertinggi akan diambil dan dihitung nilai ketepatannya (precision). Berdasarkan hasil evaluasi dengan menggunakan 8 user dan 10 query, didapatkan nilai Mean Average Precision (MAP) keseluruhan sebesar 0.912 atau sekitar 91%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:59223
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:12 Jan 2018 15:13
Last Modified:12 Jan 2018 15:13

Repository Staff Only: item control page