COLLABORATIVE READING STRATEGY SEBAGAI ALTERNATIF PEMBIASAAN KEGIATAN LITERASI DI SEKOLAH

Sari, Esti Swatika (2017) COLLABORATIVE READING STRATEGY SEBAGAI ALTERNATIF PEMBIASAAN KEGIATAN LITERASI DI SEKOLAH. In: PIBSI XXXIX, 7-8 November 2017, Semarang.

[img]
Preview
PDF
182Kb

Official URL: http://eprints.undip.ac.id/58985

Abstract

Permendikbud no.23 tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti dalam salah satu lampirannya mewajibkan siswa untuk membaca buku selain buku pelajaran selama 15 menit setiap hari sebelum pembelajaran dimulai. Kegiatan tersebut menjadi upaya menumbuhkan kecintaan membaca kepada peserta didik dan pengalaman belajar yang menyenangkan sekaligus merangsang imajinasi. Membaca itu sendiri merupakan salah satu kompetensi literasi. Hal ini menjadi wacana pembiasaan yang memang harus dilakukan di sekolah. Pembiasaan ini tentu saja membutuhkan proses yang tidak cepat. Salah satu upaya untuk memupuk budaya literasi adalah pembiasaan membaca dengan menggunakan Collaborative Strategic Reading. Collaborative Strategic Reading menitikberatkan pada kolaborasi unsur-unsur pendukung pembelajaran membaca. Kata kunci: CSR, Pembiasaan, Literasi

Item Type:Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects:P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History
ID Code:58985
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 Jan 2018 15:35
Last Modified:08 Jan 2018 15:35

Repository Staff Only: item control page