PELAKSANAAN CATATAN PERKEMBANGAN PASIEN TERINTEGRASI DALAM INTERPROFESSIONAL COLLABORATIVE PRACTICE DI RS UGM YOGYAKARTA

KUSUMANINGRUM, PUPUT RISTI and DHARMANA, EDI and SULISNO, MADYA (2018) PELAKSANAAN CATATAN PERKEMBANGAN PASIEN TERINTEGRASI DALAM INTERPROFESSIONAL COLLABORATIVE PRACTICE DI RS UGM YOGYAKARTA. Masters thesis, DIPONEGORO UNIVERSITY.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

3572Kb

Abstract

Program Studi Magister Keperawatan Konsentrasi Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan DepartemenIlmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro November 2017 ABSTRAK Puput Risti Kusumaningrum Pelaksanaan Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi Dalam Interprofessional Collaborative Practice di RS UGM Yogyakarta xx + 143 halaman + 14 tabel + 2 gambar + 9 lampiran Interprofessional Collaborative Practice (IPCP) merupakan bentuk kerjasama antar profesi kesehatan dalam melakukan kolaborasi, komunikasi, dengan pendekatan yang terkoodinasi dalam berbagi pengambilan keputusan seputar masalah kesehatan untuk memastikan bahwa perawatan yang diberikan handal dan berkelanjutan. Pelaksanaan IPCP membutuhkan media yang mendukung yaitu dengan mengintegrasikan catatan profesional kesehatan menjadi satu catatan pasien yang terintegrasi, sehingga antar profesi kesehatan dapat berkolaborasi melalui media berupa catatan perkembangan pasien terintegrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pelaksanaan pendokumentasian catatan perkembangan pasien terintegrasi dalam IPCP oleh dokter, perawat, apoteker, ahli gizi, dan fisioterapis di Ruang Rawat Inap RS UGM Yogyakarta. Desain penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi hermeneutik. Sampel diambil dengan cara purposive sampling, meliputi 14 partisipan utama, dan 5 partisipan triangulasi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan in-depth interview dengan wawancara semistruktur dan hasilnya dianalisa menggunakan content analysis.. Hasil penelitian mendapatkan 6 tema yang meliputi (1) pemahaman, (2) kepatuhan pelaksanaan, (3) media penggerak IPCP, (4) beban kerja, sikap dan perilaku serta kebijakan (sosialisasi) yang menghambat, (5) upaya yang tepat untuk mengatasi hambatan, dan (6) harapan profesi kesehatan dalam menghadapi hambatan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendokumentasian catatan perkembangan pasien terintegrasi dapat menumbuhkan praktik kolaborasi sehingga mengoptimalkan pelayanan yang terintegrasi. Kata kunci: Catatan terintegrasi, Interprofessional Collaborative Practice, multidiplin ilmu Daftar Pustaka: 106 (2000-2017)

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nursing
ID Code:58807
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Jan 2018 10:22
Last Modified:22 Jan 2018 10:22

Repository Staff Only: item control page