TINGKAT KETERBACAAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA TERBITAN YRAMA WIDYA TAHUN 2016

Sari, Vita Ika (2017) TINGKAT KETERBACAAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA TERBITAN YRAMA WIDYA TAHUN 2016. In: PIBSI XXXIX, 7-8 November 2017, Semarang.

[img]
Preview
PDF
186Kb

Official URL: http://eprints.undip.ac.id/58801

Abstract

Banyaknya buku pelajaran Bahasa Indonesia SMP yang diperjual belikan di toko buku khususnya Kota Tegal membuat guru dan siswa memiliki banyak referensi tentang pembelajaran bahasa Indonesiadi SMP. Salah satu buku yang digunakan SMP Negeri Kota Tegal adalah Buku Bahasa Indonesia untuk Siswa SMP-MTs Kelas VII penerbit Yrama Widya.Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah tingkat keterbacaan buku teks bahasa Indonesia terbitan Yrama Widya dengan menggunakan teori Fry. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan ini dipilih untuk mendeskripsikan tingkat keterbacaanbuku teks bahasa Indonesia terbitan Yrama Widya dengan menggunakan teori Fry. Hasil analisis tingkat keterbacaan dan pemahaman buku teks bahasa Indonesia terbitan Yrama Widya dengan menggunakan Teori Fry terdapat empat atau sebesar 28.57% wacana yang masuk dalam kategori sesuai dengan level yang di tentukan, satu atau sebesar 7.14% wacana yang masuk dalam kategori terlalu mudah, dan sebanyak sembilan atau 64.29% masuk dalamkategori terlalu sulit. Maka dapat disimpulkan untuk buku teks tersebut masuk dalam kategori SULIT secara tingkat keterbacaan dan pemahaman dengan menggunakan Teori Fry. Kata Kunci : Keterbacaan Buku Teks, Grafik Fry

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar > P121-149 Science of language (Linguistics)
ID Code:58801
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Jan 2018 09:19
Last Modified:03 Jan 2018 09:19

Repository Staff Only: item control page