Questioning The Popularity Of Agency Theory In Accounting Research

Chariri, Anis (2008) Questioning The Popularity Of Agency Theory In Accounting Research. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 14 (1). pp. 1-14.

[img]
Preview
PDF - Published Version
5Mb

Abstract

Teori keagenan telah banyak digunakan dalam penelitian akuntansi bahkan mendominasi penelitian akuntansi. Teori ini dianggap mampu memberikan kerangka formal dalam mempelajari hubungan keagenan, dan dianggap sebagai paradigma penelitian yang meyakinkan dalam menggambarkan dan menjelaskan hubungan kontraktual antara agen dan principal. Meskipun teori keagenan mampu mendominasi penelitian akuntansi, teori tersebut memiliki beberapa kelemahan. Teori keagenan merupakan teori yang terlalu abstrak dan didasarkan pada asumsi yang sempit, misalnya individu dianggap selalu memiliki kepentingan pribadi, mengabaikan konteks lingkungan dan sosial, dan secara metodologi tidak dapat difalsifikasi. Kelihatan bahwa teori keagenan terlalu mekanistik, boleh dikatakan sebagai teori tanpa ruh.

Item Type:Article
Uncontrolled Keywords:teori keagenan, agen, principal, hubungan kontraktual, kepentingan pribadi
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
ID Code:588
Deposited By:Mr. Sugeng Priyanto
Deposited On:28 Sep 2009 10:21
Last Modified:28 Sep 2009 10:21

Repository Staff Only: item control page