KARAKTERISTIK BUKU PELENGKAP KELAS KATA DALAM BAHASA INDONESIA UNTUK GURU SMP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA SISWA

Sulistyaningrum, Septina (2017) KARAKTERISTIK BUKU PELENGKAP KELAS KATA DALAM BAHASA INDONESIA UNTUK GURU SMP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA SISWA. In: PIBSI XXXIX, 7-8 November 2017, Semarang.

[img]
Preview
PDF
282Kb
[img]
Preview
PDF
249Kb

Official URL: http://eprints.undip.ac.id/58798

Abstract

Keterbatasan materi bahasa Indonesia khususnya mengenai kaidah kebahasaan dijumpai dalam buku pelajaran. Dalam buku siswa maupun guru kaidah kebahasaan disajikan dengan terbatas. Contoh-contoh kata yang dibahas terbatas hanya pada kata yang ada di dalam teks. sedangkan dalam pembelajaran guru cenderung hanya berceramah sehingga siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Dalah hal tersebut guru memiliki keterbatasan dalam ide pembelajaran kebahasaan. Berdasarkan kenyataan di lapangan tersbut, perlu adanya upaya mengembangkan buku pelengkap mengenai kaidah kebahasaan khususnya kelas kata dalam bahasa Indonesia yang di dalamnya juga memuat mengenai ide pembelajaran bagi guru. Kata kunci: buku pelengkap, kelas kata, ide pembelajaran.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar > P121-149 Science of language (Linguistics)
ID Code:58798
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Jan 2018 09:14
Last Modified:03 Jan 2018 09:14

Repository Staff Only: item control page