PROFIL KOMPETENSI KEBAHASAAN DAN KESASTRAAN MAHASISWA PENDIDKAN PROFESI GURU (PPG) SEBAGAI CALON GURU PROFESIONAL

Setyaningsih, Nas Haryati (2017) PROFIL KOMPETENSI KEBAHASAAN DAN KESASTRAAN MAHASISWA PENDIDKAN PROFESI GURU (PPG) SEBAGAI CALON GURU PROFESIONAL. In: PIBSI XXXIX, 7-8 November 2017, Semarang.

[img]
Preview
PDF
282Kb

Official URL: http://eprints.undip.ac.id/58794

Abstract

Untuk menjawab permasalahan kebenaran asumsi bahwa mahasiswa PPG sudah memiliki kompetensi profesional sebagai calon guru, terutama dalam hal penguasaan bidang studi, perlu kiranya diteliti bagaimana profil kompetensi profesional mahasiswa PPG sebagai calon guru, terkait dengan penguasaan materi bidang studi bahasa dan sastra Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data penelitian berupa kemampuan calon guru bahasa Indonesia dalam penguasaan materi aspek kebahasaan dan kesastraan. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa PPG calon guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di Universitas Negeri Semarang yang berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dilengkapi wawancara tidak terstruktur. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kebahasaan dan kesastraan mahasiswa PPG tergolong rendah (56,98). Dilihat per aspek, kompetensi kebahasaan mahasiswa juga tergolong rendah rendah (56,375%), demikian juga kompetensi kesastraan mahasiswa tergolong rendah (56,90% ). Kata kunci: Kompetensi, kebahasaan, kesastraan, PPG

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar > P121-149 Science of language (Linguistics)
ID Code:58794
Deposited By:Sastra Indonesia
Deposited On:03 Jan 2018 09:05
Last Modified:03 Jan 2018 09:05

Repository Staff Only: item control page