PERAN ALIH KODE DALAM ACARA STAND - UP COMEDY SHOW EPISODE SPESIAL HUT METRO TV KE 13 DI METRO TV (SEBUAH TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK)

Kristi, Antrika Ayu (2017) PERAN ALIH KODE DALAM ACARA STAND - UP COMEDY SHOW EPISODE SPESIAL HUT METRO TV KE 13 DI METRO TV (SEBUAH TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
2619Kb

Official URL: http://mli.undip.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan mendeskripsikan peran alih kode sebagai media humor yang terjadi dalam acara Stand – Up Comedy Show episode spesial HUT Metro TV ke 13 serta menjelaskan faktor yang melatarbelakanginya. Data yang diperoleh dalam penelitian ini merupakan bahasa lisan atau monolog yang dituturkan oleh para komika acara Stand –up Comedy Show di Metro TV episode spesial HUT Metro TV ke 13 dalam bentuk delapan tayangan video. Kedelapan video tersebut kemudian ditranskripsikan ke dalam bentuk tertulis melalui teknik transkripsi ortografis. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah metode observasi dengan teknik simak bebas cakap dan teknik catat. Temuan penelitian ini mengungkap bahwa humor tercipta akibat adanya ketidaksamaan ekspektasi awal dengan akhir yang menyebabkan terjadi suatu penyimpangan dalam pikiran dan menimbulkan kelucuan. Humor yang muncul pada acara Stand – Up Comedy Show diproduksi dengan beberapa cara, diantaranya adalah melalui alih kode, permainan kata, gerak tubuh dan ekspresi wajah, serta keterlibatan penonton. Jenis alih kode yang muncul diklasifikasikan dalam bentuk kontekstual maupun struktur gramatikal untuk membedakan jenis alih kode dari dua sudut pandang yang berbeda. Selanjutnya, alih kode juga dimanfaatkan untuk tujuan non komedi yaitu sebagai sarana memperhalus tuturan, menunjukkan spesifikasi terhadap hal – hal tertentu yang ingin ditonjolkan, implementasi kritik sosial, serta mengungkapkan perasaan afektif. Terdapat tujuh faktor yang melatarbelakangi terjadinya alih kode dalam penelitian ini. Ketujuh faktor yang menyebabkan terjadinya alih kode tersebut adalah untuk: 1) memenuhi kebutuhan yang bersifat linguistik, 2) mengutip kalimat orang lain, 3) mempertegas pesan pembicaraan: menyemangatkan atau menekankan argumen (topper), 4) menandai dan menegaskan identitas kelompok (solidaritas), 5) menyampaikan hal – hal rahasia, kemarahan, atau kejengkelan, 6) mengubah peran pembicara, menaikkan status, menegaskan otoritas, memperlihatkan kepandaian, 7) menyampaikan materi dalam bentuk syair lagu. Oleh karena para Stand – Up Comedian yang menjadi penampil dalam acara Stand – Up Comedy Show episode spesial HUT Metro TV ke 13 merupakan penutur multilingual dalam sebuah masyarakat tutur, pemilihan kode untuk bertutur menjadi lebih bervariasi.

Item Type:Thesis (Masters)
Additional Information:Advisor : J. Herudjati Purwoko, Ph.D.
Uncontrolled Keywords:Alih Kode, Stand – Up Comedy, Sosiolinguistik, Humor
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:58605
Deposited By:Mahasiswa Magister Linguistik
Deposited On:28 Dec 2017 11:19
Last Modified:08 Feb 2018 11:18

Repository Staff Only: item control page