Nindya Smara Henura

Henura, Nindya Smara and Indrosaptono, Djoko and Agung Dwiyanto, Agung Dwiyanto (2017) Nindya Smara Henura. Undergraduate thesis, universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
1374Kb
[img]
Preview
PDF
537Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1739Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1023Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

937Kb
[img]
Preview
PDF
796Kb
[img]
Preview
PDF
476Kb
[img]
Preview
PDF
1172Kb

Abstract

Pada umumnya sekolah yang ada saat ini lebih mengutamakan pengembangan aspek kognitif pada siswa dalam proses belajar mengajar. Kebanyakan sekolah lebih memprioritaskan evaluasi pada kemampuan akademis semata. Hal tersebut mengakibatkan penurunan minat belajar pada siswa, berdasarkan nilai Education Development Index (EDI) Indonesia yang menurun menurut UNESCO. Dari permasalahan tersebut dibutuhkan sebuah solusi yang dapat meningkatkan minat anak – anak untuk belajar. Kemudian hadir sekolah alam yang merupakan salah satu pendidikan alternatif baru. Sekolah alam menggunakan lingkungan di luar sekolah sebagai arena belajar dan berinteraksi sehingga siswa lebih banyak aktif bergerak di alam terbuka dan tidak mudah jenuh. Pemilihan Kota Bekasi sebagai site yaitu Karena melihat kota Bekasi yang terus berkembang sebagai kota metropolitan membutuhkan lebih banyak penghijauan. Perencanaan dan perancangan Sekolah Bernuansa Alam di Bekasi bertujuan untuk menciptakan sekolah yang menyenangkan, hijau, dan asri yang dapat meningkatkan minat belajar siswa. Terletak di daerah Jatinanggor yang terletak di pinggiran kota Bekasi dan cukup jauh dari perkotaan, kondisi lingkungan sekitar masih memiliki kesan alami berupa persawahan yang cocok untuk sekolah bernuansa alam. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif, dengan langkah-langkah kajian mempelajari pengertian tentang sekolah bernuansa alam, persyaratan sekolah alam, serta studi banding beberapa sekolah alam yang ada di Indonesia. Dilakukan juga tinjauan mengenai daerah pemilihan tapak yaitu Bekasi, serta peraturan daerah setempat yang mendukungnya. Pendekatan perancangan arsitektural dilakukan dengan konsep arsitektur tropis. Selain itu dilakukan pendekatan fungsional, kinerja, teknis, dan konstekstual. Adapun hasil utama dari laporan ini adalah terbentuknya program dasar perencanaan yaitu program ruang dan konsep dasar perancangan seperti konsep desain, struktur, maupun utilitas. Pada akhirnya akan dibuat desain Sekolah Bernuansa Alam di Bekasi dalam bentuk gambar-gambar kerja dua dimensi dan maket tiga dimensi sebagai ilustrasi desain yang mengacu pada landasan ini.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:N Fine Arts > NA Architecture
ID Code:58596
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Dec 2017 11:05
Last Modified:27 Dec 2017 11:05

Repository Staff Only: item control page